Setitik Asa Untuk Pemulihan Kawasan

Rabu, 11 Oktober 2017

Resort Pasitallu, 10 Oktober 2017. Hari ini genap dua bulan sejak transplantasi karang ditanam oleh kelompok Masyarakat Mitra Polhut Pasitallu Timur atau tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2017 dimana tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional, lokasi terletak tak jauh dari pos jaga sehingga memudahkan untuk melakukan pengawasan bagi masyarakat dan petugas.

Sama halnya dengan transplantasi karang di pulau Jinato metode yang digunakan adalah metode rangka "spider" atau laba-laba dengan jumlah 300 rangka dengan ukuran setiap rangka 1 meter persegi dan di setiap rangka terdapat 18 potongan karang.

Hasil pengecekan hari ini terdapat kurang lebih 10 rangka yang tidak berhasil hidup dan akan disulam kembali dalam waktu dekat. Hal tersebut diungkapkan oleh Sunadi Buki selaku salah satu PEH Taman Nasional Taka Bonerate.

Abd. Rajab selaku Kepala SPTN Wilayah II Jinato juga menambahkan bahwa metode transplantasi ini adalah metode pembelajaran dan penelitian di TNTBR dan jika ke depan metode ini berhasil maka akan terus diterapkan di lapangan guna pemulihan habitat dan Peningkatan kesejahteraan serta penunjang pengembangan ekowisata bagi masyarakat.

Sumber : Asri - PEH Balai TN Takabonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini