Model Aplikasi Buatan PIKA Permudah Pembuatan Peta Zonasi/Blok Kawasan

Senin, 09 Oktober 2017

Sofifi, 9 Oktober 2017. Program Magang GIS yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi ALam (PIKA) telah selesai dilaksanakan. Ditutup langsung oleh Kasubdit IIKA, Beliau berharap siswa magang dapat menerapkan aplikasi yang telah dibuat PIKA dalam pembuatan peta Zonasi/Blok pada tempat kerja masing-masing. Beliau juga menegaskan bahwa hasil dari aplikasi tersebut baru berupa peta arahan yang masih harus dilakukan konsultasi publik dan lainnya.

Pada saat hari terakhir magang, para peserta magang diwajibkan mempresentasikan hasil peta arahan zonasi/blok yang yang telah dibuat menggunakan aplikasi tersebut. Salah satunya adalah peserta dari Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Saat presentasi memaparkan bahwa hasil peta arahan kurang lebih sama dengan hasil peta zonasi yang sudah disahkan melalui SK Dirjen. Begitu pula dengan peserta lainnya.

Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dibuat oleh tim GIS PIKA yang berisi perintah-perintah untuk memasukkan data kawasan konservasi berupa titik koordinat maupun polygon. Misalnya data lahan kritis, data polygon ijin jasa lingkungan, titik koordinat sebaran satwa dan lainnya. Data tersebut kemudian akan diolah secara otomatis oleh program yang ada dalam aplikasi sampai menjadi peta arahan zonasi/blok kawasan konservasi.

Tujuan aplikasi tidak lain adalah membantu dan mempermudah pengelola kawasan konservasi (TN dan KSDA) dalam membuat peta zonasi/blok dalam waktu yang singkat dengan anggaran yang minimal.

“Aplikasi peta arahan zonasi/blok kawasan konservasi buatan PIKA ini lebih efektif dan efisien asalkan data spasial dilapangan tersedia dengan baik”, kesan salah satu peserta magang.

“Walaupun belum sempurna untuk taman nasional laut, tetapi kami merasa terbantu dengan  aplikasi ini, karena beberapa indikator di laut berbeda dengan indikator di daratan”, ungkap Ardiansyah dari Taman Nasional Togean.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini