BBKSDA Papua Tingkatkan Kapasitas Jurnalistik Promosi Dan Pemasaran Konservasi Alam

Selasa, 10 Oktober 2017

Bogor, 9 Oktober 2017. Kegiatan Publikasi dalam suatu unit organisasi memegang peranan penting sebagai media untuk menyampaikan segala jenis informasi agar dapat diketahui oleh masyarakat luas. Publikasi dapat disampaikan dalam beberapa macam media, seperti media cetak (leaflet, booklet, koran, majalah, dll) dan media elektronik (radio, televise, website, jejaring social, forum, grup milis, dll).

Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi melaksanakan kegiatan Penyegaran Kapasitas Jurnalistik Promosi dan Pemasaran Konservasi Alam dari tanggal 9 s.d 12 Oktober 2017 bertempat di Padjajaran Suite Jl. Padjajaran, No.17 Bogor dan praktek lapangan dilaksanakan di kawasan Gunung Bunder, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Mengapa disebut Penyegaran? Karena kegiatan serupa sudah pernah dilaksanakan, terakhir tahun 2014 yakni angkatan atau gelombang keempat. Tahun ini merupakan Gelombang kelima dimana pesertanya berjumlah 25 orang, berasal dari beberapa UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktoral Jenderal KSDAE terdiri dari 6 orang dari Balai Besar KSDA, 5 orang dari Balai KSDA, 1 orang dari Balai Besar Taman Nasional, 11 orang dari Balai Taman Nasional dan 2 orang dari Direktorat PJLHK (termasuk dari Balai Besar KSDA Papua yang mengirim 1 orang utusan).

Kegiatan Penyegaran ini dibuka oleh Ir. Chrystanto, Plh. Direktur PJLHK. Penyegaran selama empat hari ini tergolong singkat, materinya diberikan dalam 21 JPL yang terdiri dari 6 JPL teori dan 15 JPL praktek menulis, memotret dan membuat video, penggunaan design grafis untuk mengolah data dan informasi. Pengajar berasal dari Praktisi dan National Geographic Indonesia. Namun dalam waktu yang singkat ini diharapkan peserta dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

Tujuan utama dari penyegaran ini untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan SDM pada Ditjen KSDAE di bidang teknis penulisan jurnalistik, teknis fotografi, teknis videografi dan teknik dasar design grafis dalam pembuatan media publikasi, sebagai bahan promosi dan pemasaran konservasi alam. Hal ini akan lebih menarik apabila yang karya publikasi yang dipromosikan merupakan kawasan konservasi yang dikelola pada wilayah kerja masing-masing.

Sumber : Johan Gustiar Imbenai - PEH Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini