Kunjungan Direktur Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE ke SPTN Wilayah I Balocci TN Babul

Senin, 09 Oktober 2017

Balocci, 8 Agustus 2107. Dalam rangkaian lawatan ke Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung, Direktur Kawasan konservasi (KK) Ditjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkesempatan untuk mengunjungi SPTN Wilayah I di Kabupaten Pangkep pada hari Jumat (6/10/2017).

Setelah mengunjungi kantor SPTN Wilayah I, Direktur KK juga dijadwalkan berkunjung ke kantor Bupati Pangkep dalam rangka koordinasi dan kerjasama pengembangan sektor pariwisata di TN Bantimurung Bulusaraung. Lawatan tersebut dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu objek wisata di Kab. Pangkep, Dewi Lamsang (Desa Wisata Alam Pattalasang).

Direktur KK bertemu dengan Wakil Bupati  Kab. Pangkep, Shahban Sammana di kantor Bupati Pangkep. Dalam kunjungan tersebut Direktur KK didampingi Kepala Balai TN Bantimurung Bulusaraung, Sahdin Zunaidi dan Kepala SPTN Wil. I, Iqbal Abadi Rasjid. “Saya berharap pemerintah Kabupaten Pangkep terus mendukung pengelolaan TN Bantimurung Bulusaraung. Hubungan baik seperti ini perlu terus dijaga ke depannya” ujar Suyatno Sukandar, Direktur KK pada pertemuan tersebut.

Pada pertemuan tersebut wakil Bupati Pangkep yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Pangkep, Ahmad Djamaan menegaskan dukungan terhadap pengelolaan TN Bantimurung Bulusaraung terutama yang berada di wilayahnya. “Pariwisata adalah leading sector yang selama ini menjadi topik kerjasama antara Balai TN Bantimurung Bulusaraung dengan pemerintah Kab, Pangkep. Ke depan kami juga berharap adanya akses pengelolaan wisata yang berada di Kawasan hutan TN Bantimurung Bulusaraung” tegas Shaban Sammana, Wakil Bupati Pangkep.

Kawasan wisata TN Bantimurung Bulusaraung yang berada di wilayah Kab. Pangkep antara lain Kawasan Wisata Pegunungan Bulusaraung, Kalibbong Aloa, Permandian Alam Leang Londrong, dan beberpa gua prasejarah. Selain obyek wisata tersebut, terdapat beberapa obyek wisata yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pangkep. Salah satunya adalah Dewi Lamsang, yang merupakan ekowisata Karst. Lokasi Dewi Lamsang berada di Kelurahan Kalabbirang yang merupakan daerah penyangga TN Bantimurung Bulusaraung. Desa wisata tersebut berbatasan langsung dengan kawasan konservasi ini. Adapaun objek karst di desa tersebut adalah karst TN Bantimurung Bulusaraung.

 

Sumber : Erista Murpratiwi – Penyuluh Kehutanan TN Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini