Peningkatan Kapasitas Kelompok Pengelola Zona Tradisional

Sabtu, 07 Oktober 2017

Bantimurung, 7 Oktober 2017. Resort Camba gelar peningkatan kapasitas pengelola zona tradisonal masyarakat Dusun Pattiro di ruang rapat SPTN wilayah II Camba pada 6 – 7 Oktober 2017. Kegiatan peningkatan kapasitas ini berfokus pada pengembangan produk madu karst dan pemberian bantuan pengembangan usaha ekonomi di Dusun Pattiro Desa Labuaja Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros.

Pada acara tersebut Direktur Kawasan Konservasi (KK) berkesempatan untuk membuka secara resmi sekaligus didaulat sebagai salah satu narasumber. Narasumber lain yang diundang sangat kompoten di bidangnya. Narasumber tersebut berasal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BMPD) Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, Tim Layanan Kehutanan Makassar (TLKM), dan Balai Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung sendiri.

Peserta peningkatan kapasitas ini sebanyak 30 orang yang berasal dari Keolompok Tani Bulu Tanete, Pattiro Bulu, Bukit Harapan, dan Tunas Muda yang tergabung dalam Kelompok Hutan Kemitraan Pattiro.Pelatihan ini berlangsung dengan metode ceramah dan praktek lapangan.

Pak direktur didampingi Kepala Balai TN Bantimurung Bulusaraung juga menyempatkan diri mengunjungi zona tradisional yang berada di Dusun Pattiro Desa Labuaja. Melihat langsung kondisi lapangan dan kehidupan masyarakat desa penyangga TN Bantimurung Bulusaraung ini.

Direktur KK menyemangati peserta untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk unggulan kelompok. “Produk-produk yang akan dihasilkan oleh kelompok tani binaan Balai TN Bantimurung Bulusaraung harus memiliki ciri khas dan mampu bersaing baik dari segi kualitas dan kemasan, saya sering mengistilahkan advantage comparative”, ujar Ir. Suyatno Sukandar, M.Sc, Direktur KK di sela-sela materinya.

Sumber : Boy Ronnald dan Mansur – Staf TN Bantimurung Bulusaraung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini