Direktur KKH Tukar Pikiran Terkait TSL Dengan Pegawai BKSDA Kalbar

Jumat, 06 Oktober 2017

Pontianak, 6 Oktober 2017. Pada hari kamis 5/10/2017 telah dilakukan pembinaan pegawai oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Bapak Ir. Bambang Dahono Adji, MM, M.Si. Pembinaan pegawai dihadiri Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat yang baru yakni Bapak Ir. Sadtata Noor Adirahmanta M.T, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II dan III lingkup BKSDA Kalbar serta seluruh pegawai BKSDA Kalbar.

Dalam arahannya, Bapak Direktur KKH menyampaikan beberapa hal yang mendasar, kaitannya dengan IKK Direktorat KKH yang dilaksanakan oleh Balai KSDA Kalimantan Barat utamanya terkait tumbuhan dan satwa liar. Beliau menyampaikan hal-hal yang menjadi prioritas KKH di antaranya produk rekayasa genetik, biodiversitas flora dan fauna serta pengalaman terkait breeding loan.

Baru-baru ini Kementerian LHK telah berhasil mendatangkan panda dari tiongkok, dengan berbagai pertimbangan diplomasi hal tersebut dapat dilakukan sesuai dengan prosedur dalam Permenhut nomor P.83/Menhut-II/2014 tentang peminjaman jenis satwa liar dilindungi ke luar negeri untuk kepentingan pengembangbiakan (Breeding Loan), hal ini bisa menjadikan peluang bahwa kemungkinan untuk mengembalikan satwa-satwa liar yang berasal dari indonesia kembali ke negara kita sehingga jangan sampai ke depannya satwa-satwa yang sudah berada di luar negeri justru akan dimiliki oleh bangsa lain baik memiliki secara fisik maupun pengembangan keilmuan dan penelitian penelitian.

Dalam pembinaan juga dilakukan diskusi dengan peserta pembinaan, di antaranya ada beberapa permasalahan di lapangan yang kemudian diberikan solusi penyelesaian antara lain permasalahan usaha penangkaran ikan arwana yang ada di Kalbar, terkait mekanisme perijinan ekspor yang akan dilakukan dengan sistem online di mana sangat memungkinkan Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan ijin untuk dapat mengurus ijin eksport sendiri tidak melalui mekanisme seperti sekarang yang harus melalui Pusat. Apabila hal tersebut dapat dilakukan maka akan mempermudah pengusaha penangkaran untuk proses eksport ikan hasil tangkarannya dan dapat mendorong kembali bangkitnya usaha penangkaran yg saat ini sedang mengalami penurunan. Selain mengenai penangkaran ada juga masukan terkait usaha perijinan flora, Bapak Direktur KKH juga akan mendorong adanya perijinan penangkaran flora dan dalam waktu dekat Balai KSDA Kalbar akan mendorong upaya tersebut.

Selain melakukan pembinaan intern, juga dilakukan pertemuan dengan para pemegang ijin penangkaran arwana. Dalam pembinaan tersebut disampaikan beberapa masukan terkait perkembangan usaha penangkaran arwana sekaligus mendengarkan apabila terjadi permasalahan dan hambatan yang ada pada pihak penangkar di lapangan. Selanjutnya dalam kunjungan Direktur KKH menyempatkan diri untuk berkunjung ke lapangan dengan di dampingi Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat. (YS)

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini