Barikan Kubro 2017: Transplantasi Terumbu Karang di SPTN Wilayah II Karimunjawa

Kamis, 05 Oktober 2017

Karimunjawa – 4 Oktober 2017, Dalam rangka kegiatan pelestarian alam Barikan Kubro Karimunjawa tahun 2017, Panitia bersama sama dengan Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTNKj) menyelenggarakan kegiatan transplantasi terumbu karang, meneruskan kegiatan yang sama pada tahun 2016.

Bertempat di perairan Pulau Menjangan Kecil Zona Pemanfaatan Wisata Bahari Resort Legon Lele SPTN Wilayah II Karimunjawa BTNKj.

Kegiatan diikuti oleh anak sekolah SMP Negeri Karimunjawa, SMK Negeri Karimunjawa, HPI Karimunjawa dan wisatawan manca negara dengan pendamping dari Panitia Barikan dan ranger BTNKj, dengan jumlah keseluruhan 56 partisipan.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan penyampaian pesan-pesan konservasi dan sekilas seputar terumbu karang di Taman Nasional Karimunjawa, dilanjutkan penyampaian teknis transplantasi terumbu karang oleh PEH Ahli Pertama Zaenul Abidin, S.Bio.

Pelaksanaan transplantasi terumbu karang dibagi menjadi dua tim, tim pertama mengambil fragmen dan tim kedua menyiapkan media transplant. Media transplant yang tersedia untuk 200 fragmen.

Setelah fragmen tersedia, selanjutnya adalah fragmen terumbu karang dipasang pada media transplant yang berada di perairan/pantai dengan pengawasan dari ranger BTNKj.

Setelah fragmen terpasang pada media transplant kemudian dibawa oleh peserta ke lokasi yang akan dilakukan transplantasi, yaitu disebelah timur Pulau Menjangan Kecil, tepatnya sebelah utara dermaga kurang lebih 50 meter.

Oleh PEH Ahli Pertama Zaenul Abidin, S.Bio.

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini