Forum Kolaborasi Pengelolaan TN Lorentz

Rabu, 06 September 2017

Timika. Forum Kolaborasi Pengelolaan TN Lorentz dibentuk melalui kesepakatan bersama para pihak pada lokakarya Pembentukan Forum Kolaborasi Taman Nasional Lorentz pada Juni 2013. Melalui Keputusan Gubernur Papua Nomor 188.4/340/TAHUN 2014 tanggal 12 September 2014 tentang Pembentukan Forum Kolaborasi Pengelolaan Taman Nasional Lorentz maka ditetapkan struktur kepengurusan forum tersebut yang diketuai oleh Benja V. Mambai (Direktur WWF Region Sahul Papua) sebagai perwakilan LSM. Kepengurusan pertama Forum Kolaborasi Pengelolaan TN Lorentz tersebut memiliki periode kerja 2014 - 2016. Sehingga praktis saat ini kepengurusan forum tersebut sudah berakhir.

Bertempat di Timika pada tanggal 30 Agustus 2017,  para pihak yang terlibat mengambil kesempatan untuk kembali melakukan konsolidasi penguatan Forum Kolaborasi Pengelolaan TN Lorentz. Hadir dalam konsolidasi tersebut Kepala Balai TN Lorentz A. Guntara Martana selaku anggota Dewan Kebijakan dalam forum, Direktur WWF Papua Benja V. Mambai selaku Ketua Forum, Jhon Way selaku Wakil Ketua Forum, DCOP Usaid Lestari Nevile Kemp, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TN Lorentz selaku sekretaris I, Program Manager WWF Site Lorentz, para Kepala SPTN Lorentz masing-masing selaku Pokja Wilayah I, II dan III serta formatur forum yang saat itu terlibat dalam pembentukan forum tersebut.

Konsolidasi ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja forum selama masa kepengurusan dimana forum telah membantu pengelolaan TN Lorentz dalam mengawal zonasi kawasan dalam rencana pembangunan wilayah di 10 kabupaten dan evaluasi terhadap koordinasi forum di kabupaten yang belum dapat dijangkau terutama kabupaten yang berada di pegunungan seperti Kabupaten Intan Jaya, Puncak, Puncak Jaya, Yahukimo dan Kabupaten Paniai. Dalam pertemuan ini disepakati untuk melakukan penyesuaian kepengurusan forum sesuai organisasi perangkat daerah dan menambahkan unsur LESTARI dan unsur perorangan yang dapat berpengaruh dalam membantu pengelolaan TN Lorentz. Selain itu dibentuk  tim kecil yang terdiri dari Kepala Balai TN Lorentz, Ketua Forum dan Wakil Ketua Forum untuk melakukan koordinasi baik di tingkat Kementerian LHK maupun di tingkat provinsi untuk mendorong pengesahan kepengurusan forum yang baru dan upaya tindak lanjut forum ke depan (05/09/2017).

Sumber : Balai Taman Nasional Lorentz

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini