The Journey To Success Kampung Tablasupa Desa Binaan Bbksda Papua

Rabu, 06 September 2017

Jayapura, Sabtu 2 September 2017. Kelompok Pemberdayaan Masyarakat Kena Nembey dan Kelompok Pencinta Alam A’Memay merupakan binaan dari Balai Besar KSDA Papua yang mendapat kunjungan dari BPPI Wilayah Maluku dan Papua dan Dinas Kehutanan Provinsi Papua di Balai Kampung Tablasupa. Dalam kunjungan kali ini Kepala Balai PPI dan Kabid Teknis Kehutanan Provinsi Papua mengadakan sosialisasi tentang pengembangan wisata dan menjalin jejaring kerja kemitraan dan koordinasi pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Masyarakat yang ikut serta sangat antusias dalam kegiatan ini dapat dilihat dari jumlah yang hadir melebihi dari perkiraan, dimana rencana peserta adalah 30 (tiga puluh) orang namun yang hadir ± 75 (tujuh puluh lima) orang.

Dalam kunjungannya, Kabid Teknis Kehutanan Provinsi Papua menyampaikan beberapa hal diantaranya sosialisasi bantuan yang dibutuhkan masyarakat setempat dan meminta dukungan masyarakat agar kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar. Masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan ini mengajukan pembangunan Gapura yang sudah pernah dikoordinasikan sebelumnya. Rencana pembangunan gapura akan direncanakan di pintu masuk Kampung Tablasupa. Selain itu Dinas Kehutanan juga akan memfasilitasi peralatan pembuatan Replika Cendrawasih Kuning Kecil (Paradiseae minor) dimana salah satu dari 25 satwa prioritas IKK KSDAE yang sudah diusulkan dalam Rencana Kerja Tahunan Desa Binaan Tahun 2017.

Kepala Balai PPI dalam pertemuan kali ini mengadakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan sekaligus mensosialisasikan rencana pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA). Dalam tugasnya, MPA akan melakukan penanggulangan dan pencegahan terhadap kebakaran hutan yang anggotanya terdiri dari para pemuda, Desa Binaan dan Kelompok Pencinta Alam serta Masyarakat Mitra Polhut Moy.

Kegiatan ini sangat didukung oleh Kepala Balai Besar KSDA Papua dalam mendukung kegiatan Role Model di Cagar Alam Pegunungan Cycloop untuk mengikutsertakan semua lini baik instansi pemerintahan, instansi swasta, LSM, NGO, Perguruan Tinggi, Dewan Adat Suku, Ondoafi, Pemilik Hak Ulayat dan lainnya menuju Success Story Pengelolaan Cagar Alam Pegunungan Cycloop.

Sumber Info : Chandra Irwanto Lumban Gaol, S.Hut (Penyuluh Kehutanan BBKSDA Papua)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini