Air Cawang, Hidden Treasure BKSDA Sumatera Selatan

Sabtu, 02 September 2017

Lahat, 2 Agustus 2017. Menyusuri belantara Hutan Suaka Alam Kelompok Hutan (HSA KH) Gumai Tebing Tinggi yang secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Lahat dan Kabupaten Empat Lawang ini selalu memberi kesan tersendiri.

Kawasan yang masuk dalam wilayah kelola Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat BKSDA Sumatera Selatan ini selalu menyuguhkan kemolekan pesona alam dan atraksi satwa liar yang seakan-akan memamerkan bahwa sisi utara HSA KH Gumai Tebing Tinggi masih memiliki kekayaan flora dan fauna yang selalu mengajak siapa saja mendatanginya untuk lebih peduli akan keberadaan dan eksistensi kawasan tersebut.

Selain itu,kawasan konservasi tersebut tidak pernah bosan untuk selalu memberi kejutan akan potensi yang tersimpan di dalamnya sehingga menjadi medan magnet tersendiri untuk terus mendatanginya dalam upaya mengungkap tabir misteri akan keindahan yang belum terungkap. 

Kepala BKSDA Sumatera Selatan Genman S. Hasibuan menyatakan Kegiatan patroli efektif yang dilakukan SKW II Lahat BKSDA Sumatera Selatan pada tanggal 28 sd 31 Agustus 2017 selain untuk pengamanan kawasan juga dilakukan pendataan potensi kawasan.

Berdasarkan pendataan potensi kawasan, tim menemukan sebuah tempat yang sangat indah dimana terdapat mata air yang menyembur keluar mengalir menyusuri bebatuan yang dipercantik dengan aliran air yang keluar dari dalam gua. Perpaduan yang sempurna antara bangunan alam yang kokoh menyatu dengan kelembutan aliran air jernih yang menyembur keluar dari mata air yang seakan-akan semburan air tersebut tidak pernah mau berhenti memamerkan keindahannya.

Air Cawang, begitulah masyarakat lokal menyebut tempat yang indah tersebut. Terletak pada ketinggian 282 mdpl sejauh 5 km dari desa terdekat yaitu Desa Batu Niding Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat. Perjalanan menuju Air Cawang juga memberi kesan tersendiri yang mana untuk mencapainya harus menempuh 3 jam jalan kaki dari desa terdekat menyusuri Sungai Cawang dan menyeberangi anak-anak sungainya sampai dengan 16 kali. Sungguh luar biasa perjalanan yang harus ditempuh dan tentunya keindahan dan kesempurnaan Air Cawang akan menghapus segala kelelahan. 

Keberlanjutan sebuah cerita akan keindahan potensi HSA KH Gumai Tebing Tinggi hanya terwujud apabila kelestarian kawasan terus terjaga. Sebuah tanggung jawab bersama karena apabila kawasan konservasi tak terjaga kelestariannya maka keindahan dan segala manfaatnya hanya tinggal cerita dan hal tersebut akan menjadi torehan dosa kita terhadap anak cucu kelak..

Sumber : Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini