Membentuk Pewarta, Fotografer dan Videografer Kawasan Konservasi

Jumat, 01 September 2017

Makassar, 31 Agustus 2017. Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Jurnalistik, Fotografi dan Videografi bagi pejabat fungsional yang bertugas di lapangan selama 4 hari di Hotel Maxone Makassar. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas penulisan, Teknik pengambilan gambar dan video. Sehingga output dari laporan dan dokumentasi tersebut juga dapat menjadi bahan publikasi bagi kawasan konservasi yang berada dibawah pemangkuan Balai Besar KSDA Sulawesi selatan. 

Dalam pembukaan kegiatan ini, Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Ir. Dody Wahyu Karyanto,. MM bercerita pengalamannya bahwa terkadang kreativitas kadang muncul ketika berada dibawah tekanan atau perasaan tidak puas terhadap situasi dan kondisi tertentu. Akan tetapi hasrat dan keinginan untuk terus belajar juga harus ada, sehingga memunculkan motivasi untuk berkembang diluar pengetahuan yang dikecap dalam bangku pendidikan. 

Materi Bimbingan Teknis Jurnalistik dibawakan oleh Eko Rusdianto dari Mongabay Indonesia, Fotografi oleh Sofyan Syamsul dari Salindia Project, dan videografi oleh Muhammad Taufik dari Rumah Ide Makassar. Setelah pemberian materi kegiatan praktek dilaksanakan di Kawasan Wisata Hutan Batu Karst Rammang-rammang dan Sanctuary Kupu-kupu Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Maros. Di Kawasan wisata ini peserta ditugaskan untuk mengimplementasikan materi yang telah mereka dapatkan selama bimbingan teknis untuk membuat berita, foto dan video sesuai hasil observasi mereka. 

Dalam penutupan Bimbingan Teknis ini, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi dan Pelaporan Dedy Asriady,. S.Si,. MP menyampaikan bahwa penilaian dari pemateri adalah untuk menunjukkan kekurangan yang harus diperbaiki sehingga kedepan kualitas dari pelaporan dan dokumentasi untuk kepentingan dan kehumasan dapat dikemas dengan lebih baik dan menarik. 

Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini