MMP Dafonsoro BBKSDA Papua Eksis Dengan SMART Patrol

Selasa, 29 Agustus 2017

Jayapura (29/8/2017). Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Dafonsoro bersama, Polhut BBKSDA Papua dan Tenaga Bakti Rimbawan melakukan kegiatan Patroli Pengamanan Hutan dari tanggal 22 – 26 Agustus 2017 dengan metode SMART Patrol. Aplikasi SMART Patrol digunakan karena dapat memberikan update informasi kawasan, potensi maupun ancaman yang terjadi. Kegiatan Patroli dilaksanakan mulai dari daerah Klofkamp, APO dan Bhayangkara III Distrik Jayapura Utara.

Selama patroli tim menjumpai beberapa titik kumpul sementara dimana masyarakat mengambil kayu untuk membuat arang lalu di jual kembali dan juga mengambil kayu untuk bahan rumah dan keperluan lainnya. Selain itu tim juga menemukan aktivitas berkebun masyarakat lokal yang merupakan salah satu ancaman Kawasan CA Peg. Cycloop terutama pada wilayah Distrik Jayapura Utara yaitu Ajen, Apo dan Klufkam, aktivitas berkebun yang ada seperti kebun nanas, kebun pinang dan kebun campuran.

Kegiatan lainnya adalah mendata tumbuhan kayu keras dan tumbuhan eksotis, juga mendata Pal Batas dengan menggunakan aplikasi Cyber Tracker pada HP android yang kemudian diolah menggunakan aplikasi Smart Patrol. Bersama USAID LESTARI memasang papan informasi STOP Membakar Hutan di Cagar Alam Cycloop, yang bertujuan untuk himbauan kepada masyarakat luas untuk tidak melakukan pembakaran hutan agar CA Peg Cycloop yang mempunyai peranan penting sebagai penyangga kehidupan pengatur tata air, daerah tangkapan air, sumber plasma nutfah dan habitat flora dan fauna dapat terjaga.

 

Sumber Info : Muhammad Jalil, Victor S. Karubaba (Polhut BBKSDA Papua/Pendamping MMP Dafonsoro)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini