Saka Wanabakti TN Matalawa Selenggarakan Lomba Lintas Alam

Selasa, 29 Agustus 2017

Waingapu, 29 Agustus 2017. Untuk pertama kalinya lomba lintas alam (LLA I) diselenggarakan Saka Wanabakti Taman Nasional Matalawa Kwartir Cabang Sumba Barat (Binaan SPTN I Waibakul). Kegiatan LLA I ini dilaksanakan pada tanggal 26 s.d. 27 Agustus 2017, dengan mengambil lokasi di Bumi Perkemahan Waikabubak. Lomba lintas alam ini mengusung tema “Lestarikan Hutanku untuk Kejayaan Negeriku”, kegiatan ini juga sekaligus memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke -72 tahun serta Hari Ulang Tahun Pramuka yang Ke 56 Tahun.

Peserta lomba berasal dari gugus depan (gudep) SMP dan SMA di lingkup Kwarcab Sumba Barat, dengan total peserta 150 orang. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir tamu undangan  yaitu Saka Wanabakti Kwarcab Sumba Tengah dan Saka Bayangkara Kwarcab Sumba Barat. Kegiatan yang dilombakan pada LLA ke-1 meliputi: pengembaraan (lintas alam), baca puisi, melukis satwa endemik, cipta lagu pelestarian lingkungan, hasta karya dengan daur ulang sampah dan cerdas cermat.

Dari akumulasi hasil perlombaan, juara ke-1 diperoleh oleh SMP Kristen Waikabubak, sedangkan juara ke-2 dan ke-3 diperoleh oleh SMP Kristen Wanukaka dan MTs N Waikabubak.

Pada acara penutupan perkemahan sekaligus penyerahan piala penghargaan, pembina upacara yang dipimpin oleh sdr. Suyogia Nur Aziz  selaku Instruktur Saka Wanabakti TN Matalawa. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah menjadi juara, dan ucapan terimakasih kepada para panitia, peserta dan pembina pendamping yang telah membantu kelancaran jalannya kegiatan.

Selain itu, para peserta yang ikut berpartisipasi sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Saka Wanabakti TN Matalawa Kwarcab Sumba Barat, karena kegiatan LLA adalah yang pertama dilaksanakan. Mereka berharap kegiatan bisa berlanjut pada LLA ke-2 pada tahun 2018 dengan melibatkan seluruh gerakan pramuka di Bumi Sumba.

Vivery Okthalamo, S.Hut

PEH Pertama Balai TN. MaTaLaWa

Sumba – Nusa Tenggara Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini