SMART PATROL BERSAMA MMP RAVENI RARA BBKSDA PAPUA

Minggu, 27 Agustus 2017

Jayapura, 27 Agustus 2017. SMART (Spatial Monitoring and Reporting Tool) merupakan sebuah aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola database yang terintegrasi secara langsung dengan kegiatan petugas di lapangan dan terhubung dengan smartphone.  Dalam rangka upaya pengamanan dan perlindungan kawasan CA Peg. Cycloop, BBKSDA Papua melakukan kegiatan patroli bersama Masyarakat Mitra Polhut Raveni Rara dengan metode SMART Patrol dari tanggal 22-26 Agustus 2016.

 Transportasi ke lokasi tujuan menggunakan Speedboat, selanjutnya tim pertama melaksanakan patroli di Kampung Ormu Wari pada Distrik Raveni Rara Kab. Jayapura dengan menyusuri wilayah disekitar CA. Pegunungan Cycloop mendata jumlah aktivitas perladangan, perkebunan dan illegal logging, serta potensi TSL. Kegiatan diikuti oleh 7 anggota MMP dan pendamping yaitu Andi Yance P. Rumbaruk dan Ifani Floren Su. Masyarakat diberikan pemahaman untuk tidak melakukan penebangan liar dan aktivitas lainnya secara tidak sah, sehingga selain pembukaan lahan, aktivitas perburuan liar juga dapat dicegah.

 Sedangkan tim kedua melaksanakan patroli di Kampung Necheibe pada Distrik Raveni Rara Kab. Jayapura dengan 8 anggota MMP dan pendamping yaitu Ismail Pratama dan Wara Binaryo Putra, tim menyusuri wilayah disekitar CA. Pegunungan Cycloop, selain mendata perladangan, perkebunan dan illegal logging dan potensi TSL, tim juga memantau 2 sarang peneluran penyu di sekitar Pantai Tang di wilayah pesisir sebelah Timur Kampung Necheibe, dari hasil pemantauan ditemukan salah satu sarang terdapat telur yang menetas, sarang tersebut di jaga oleh masyarakat setempat.

 Pada akhir kegiatan kedua tim melakukan patroli diwilayah Pantai Rororoja yaitu kawasan CA.Pegunungan Cycloop yang berbatasan langsung dengan laut. Pada wilayah tersebut ditemukan bekas penebangan dan jalan setapak didalam kawasan untuk mengangkut kayu selanjutnya diangkut melalui jalur laut.

 Keseluruhan kegiatan patroli dengan menggunakan metode SMART Patrol dapat memberikan update informasi kawasan, potensi maupun ancaman yang terjadi dan tim yang melakukan patroli bukan hanya berjalan di dalam hutan, tetapi juga mencatat dan mendokumentasikan apa yang ditemukan. SMART Patrol sangat bermanfaat untuk perencanaan patroli selanjutnya, laporan dan evaluasi serta tindakan yang akan dilakukan.

 

Sumber Info : Ismail Pratama (Polhut BBKSDA Papua/Pendamping MMP Raveni Rara)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini