Wah 2.200 Pohon Mangrove dan Dipterokarpa ditanam di Bontang Mangrove Park

Sabtu, 26 Agustus 2017

Bontang, 26 Agustus 2017. “Menuju Bontang sebagai Green City, Dari Bontang Untuk Dunia". Semangat itulah yang tercermin dari sekitar 150-an orang yang melakukan kegiatan penanaman pohon sebanyak 2.200 pohon di Bontang Mangrove Park, Salebba, Taman Nasional Kutai. Kegiatan ini diselenggarakan atas prakarsa PT.Kaltim Nitrate Indonesia (PT. KNI) yang dihadiri oleh Walikota Bontang dr. Hj. Neni Moerni’aeni, Sp.OG, diikuti oleh PT. KNI, Balai Taman Nasional Kutai, dan jajaran Pemkot Bontang dan Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), warga masyarakat sekitar Taman Nasional Kutai, mahasiswa KKN Universitas Mulawarman, dan Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor yang sedang melakukan Studi Konservasi Lingkungan di Taman Nasional Kutai.


Kegiatan yang bertajuk “KNI Peduli Taman Nasional Kutai” ini diselenggarakan dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2017. Kiranya tidak berlebihan jika perusahaan petrokimia penghasil Amonium Nitrat berskala internasional ini menggandeng Balai Taman Nasional Kutai, sebagai calon mitra strategis dalam mewujudkan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup terutama dalam upaya-upaya pelestarian Taman Nasional Kutai.


Dalam sambutannya, President Director PT. KNI, Bapak Ir. H. Antung Pandoyo menegaskan komitmen perusahaannya, bahwa kegiatan ini bukan kegiatan yang pertama dan terakhir. Beberapa tahun yang lalu PT. KNI sangat berperan dalam penyelamatan dan pelepasliaran satwaliar dilindungi, yaitu Bekantan (Nasalis larvatus). Kegiatan ini juga merupakan salah satu implementasi dari sinergitas antara perusahaan, pemerintah, akademisi, dan masyarakat dalam mewujudkan Bontang sebagai Green City dan Kelestarian Taman Nasional Kutai.


Kepala Balai Taman Nasional Kutai, Bapak Nur Patria Kurniawan, S.Hut.,M.Sc. dalam sambutannya mengapresiasi peran serta PT. KNI untuk ikut berperan serta dalam upaya pelestarian Taman Nasional Kutai melalui kegiatan penanaman pohon mangrove dan dipterokarpa. Bapak yang selalu enerjik ini menjelaskan bahwa Bontang Mangrove Park, saat ini sedang dilakukan pembangunan sarana dan infrastruktur untuk mendukung pariwisata alam, yang nantinya diharapkan menjadi alternatif bagi warga masyarakat di Bontang dan sekitarnya sebagai sarana edukasi, adventure dan rekreasi. Komitmen PT. KNI menjadi mitra strategis Balai Taman Nasional Kutai sangat diharapkan.


Selanjutnya, Walikota Bontang yang menyempatkan hadir untuk melakukan penanaman pohon Kapur (Dryobalanops lanceolata) menyambut baik kegiatan ini, karena kegiatan penanaman pohon ini mendukung salah satu misi Kota Bontang sebagai Green City, Smart City, dan Creative City. Beliau mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi kelestarian lingkungan sehingga dapat memberikan kualitas hidup yang baik.


Penanaman pohon berjumlah 2.200 pohon, yang terdiri dari jenis mangrove (Rhizophora mucronata) dan jenis dipterokarpa (Dryobalanops lanceolata dan Shorea leprosula) tidak cukup hanya menanam saja, namun pemeliharaan menjadi faktor kunci keberhasilan pertumbuhan tanaman menjadi hutan yang baik. Seperti pada suatu kesempatan, Presiden Joko Widodo menyampaikan, sebenarnya saat kita menanam pohon, berarti kita sedang menanam doa, menanam harapan, menanam kerja kita semua untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang. Mari tanam dan pelihara pohon, demi kelestarian Taman Nasional Kutai.

Sumber : Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini