Birdrace dan Lomba Fotografi Salah Satu Bentuk Promosi TN Matalawa

Jumat, 25 Agustus 2017

Waingapu, 25 Agustus 2017. Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa) untuk pertama kali menggelar event Birdrace dan Lomba Fotografi tingkat nasional. kegiatan perlombaan pengamatan burung dan fotografi di alam bebas ini digagas pihak pengelola kawasan TN Matalawa sebagai bentuk promosi terhadap potensi-potensi yang dimiliki kawasan konservasi ini. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu membangun jejaring komunikasi multipihak dalam upaya pelestarian burung di Indonesia.
Event birdrace dan lomba fotografi ini diikuti 55 peserta, dengan rincian 12 Tim (30 Peserta) mengikuti Birdrace dan 25 Peserta hanya mengikuti lomba fotografi. Dari jumlah peserta yang mengikuti event tersebut, sudah melampaui target peserta yang diharapkan panitia pelaksana kegiatan. Menurut Hastoto Alifianto (Ketua Pelaksana), upaya publikasi melalui media sosial yang dilakukan panitia sejak dua bulan terakhir menjadi kunci sukses keberhasilan event ini memikat hati peserta untuk ikut berpartisipasi.
Pelaksanaan birdrace dan lomba fotografi ini dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 22 Agustus 2017, dengan lokasi pelaksanaan lomba difokuskan pada kawasan hutan Billa dan Praingkareha, SPTN Wilayah II Lewa. Kedua lokasi ini dinilai cukup representatif dalam melaksanakan event ini, keanekaragaman jenis burung yang dapat dijumpai cukup tinggi pa. Selain itu potensi-potensi wisata yang berada dikedua kawasan ini cukup mudah untuk dijangkau seperti Air Terjun dan Danau Laputi, Camping Ground dan Hutan Pendidikan Praingkareha serta site pengamatan burung Billa dan Praingkareha.
Tidak hanya mengikuti perlombaan, peserta yang ikut serta pada event ini mendapatkan pengalaman menyaksikan keindahan alam Pulau Sumba yang khas. Selain itu peserta juga memperoleh informasi dan sharing pengalaman dari para Dewan Juri yang sudah berpengalaman seperti Riza Marlon (Profesional Photografer Wildlife), Arbain Rambey (Photografer Harian Kompas), Didi Kaspi Kasim (Editor In Chief National Geographic Indonesia), Karyadi Baskoro (Akademisi Universitas Diponogoro), Imam Taufiqurahman (Yayasan Kutilang) dan Swiss Winasis (PEH Taman Nasional Baluran).
Event Birdrace dan Lomba Fotografi TN Matalawa ini dibuka dan ditutup secara resmi oleh Kepala Balai TN Matalawa (Maman Surahman, S.Hut.,M.Si). Satwa burung merupakan salah satu indikator keberhasilan pengelolaan kawasan TN Matalawa, dan salah satu langkah persuasif dan educatif dalam upaya konservasi burung di TN Matalawa adalah dengan menggelar event Birdrace dan Lomba Fotografi ini, dalam sambutan beliau pada acara pembukaan kegiatan.
Dan diakhir perlombaan untuk kategori birdrace dimenangkan oleh Tim Pelatuk BSC, Kategori Lomba Fotografi Burung dijuarai oleh Sdr. Heru Cahyono, dan Kategori Lomba Fotografi Alam dan Manusia Sdr. Bayu Catur Pamungkas keluar sebagai juara.

Sumber : Balai TN Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti







Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini