Inisiasi Bersama Membentuk Koridor Gajah Di Landskap Seblat Bengkulu

Senin, 21 Agustus 2017

Bengkulu – 21 Agustus 2017. Balai KSDA Bengkulu dan Direktorat Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial Ditjen KSDAE memfasilitasi penyelenggaraan Diskusi Inisiasi Pembentukan Koridor Gajah di Landskap Seblat Bengkulu. Koridor gajah yang diusulkan membentang antara Taman Wisata Alam/Pusat Latihan Gajah Seblat dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Diskusi dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2017 di Hotel Santika, Kota Bengkulu.

Turut hadir dalam diskusi ini adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu Ir. Agus Priambudi, M.Sc., Kepala Balai KSDA Bengkulu Ir. Abu Bakar, Kasubdit Koridor dan Areal Bernilai Konservasi Tinggi Ditjen KSDAE Ir Mirawati Soedjono, Kepala Bidang Wilayah TN Kerinci Seblat Bpk Iwin Kaswin, Perwakilan dari Bappeda Provinsi Bengkulu, KPHP Muko-muko dan Balai PDASHL Ketaun. Dari elemen lembaga swadaya masyarakat, turut hadir perwakilan Akar Network, Genesis, Lingkar Institut, dan WCS-IP. Dari elemen swasta, hadir dalam diskusi adalah perwakilan dari PT. Agricinal dan PT. Alno. Diskusi ini dimoderatori oleh Dr. Gunggung Senoaji, S.Hut., M.P., dari Jurusan Kehutanan Universitas Bengkulu.

Koridor gajah di landskap Seblat merupakan kebutuhan mendesak dalam upaya penyelamatan gajah sumatera di Provinsi Bengkulu. Populasi gajah sumatera di Provinsi Bengkulu berkisar antara 50 – 70 individu yang terpisah menjadi beberapa kelompok. Kelompok-kelompok kecil ini “terperangkap” dalam kantong-kantong habitat yang rentan terhadap gangguan. TWA Seblat sebagai habitat alami gajah sumatera telah kehilangan gajah liarnya dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh terputusnya jalur migrasi gajah; gajah yang telah keluar tidak dapat kembali masuk ke TWA Seblat. Para peserta diskusi memahami arti pentingnya re-koneksi habitat alami gajah yang telah terputus.

Sumber: Balai KSDA Bengkulu


Liputan media mengenai kegiatan ini dapat diakses di tautan berikut:
http://www.antaranews.com/berita/647848/bengkulu-inisiasi-koridor-gajah-di-bentang-kerinci-seblat
http://www.antaranews.com/berita/647864/gajah-sumatera-di-bengkulu-diperkirakan-tersisa-70-ekor?utm_source=fly&utm_medium=related&utm_campaign=news
`

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini