Explore Potensi Taman Nasional Kutai Bersama HIMAKOVA

Selasa, 22 Agustus 2017

Bontang, 21 Agustus 2017, Sejumlah 58 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA), Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor (IPB) tiba di Taman Nasional Kutai.

Fakultas Kehutanan IPB bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Kutai melaksanakan kegiatan Studi Konservasi Lingkungan (SURILI) 2017 di Taman Nasional Kutai dengan tema “ Studi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Kawasan Karst, Ekowisata, Serta Kearifan Lokal di Taman Nasional Kutai, Provinsi Kalimantan Timur”. Kegiatan SURILI merupakan kegiatan tahunan mahasiswa HIMAKOVA yang berbentuk kegiatan eksplorasi keanekaragaman hayati, inventarisasi potensi ekowisata, kajian sosial budaya masyarakat lokal dan pemetaan kawasan karst di kawasan konservasi. 

Sebelum melaksanakan kegiatan di lapangan, mahasiswa mempresentasikan metode dan teknis pelaksanaan kegiatan di lapangan. Tak lupa pembekalan dari Kepala Balai Taman Nasional Kutai, Kepala SPTN Wilayah I Sangatta dan Kepala SPTN Wilayah II Tenggarong serta pengenalan pendamping lapangan.

Kegiatan SURILI ini sesuai rencana akan dilaksanakan dari tanggal 20 sampai dengan 29 Agustus 2017 dan akan dilanjutkan dengan presentasi hasil lapangan pada tanggal 30 Agustus 2017 di Kantor Balai Taman Nasional Kutai. Terdapat 6 (enam) kelompok pemerhati yang mengexplore potensi di setiap wilayah Taman Nasional Kutai khususnya wilayah Resort Rantau Pulung, Resort Sangatta, Resort Sangkima dan Resort Teluk Pandan. Adapun kelompok pemerhati (KP) tersebut yaitu KP Mamalia, Burung, Herpetofauna, Kupu-kupu, Flora, Gua, dan satu kelompok minat dan bakat, yaitu Fotografi Konservasi, dan kajian sosial, ekonomi, dan budaya.

Dengan adanya kegiatan SURILI diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi terbaru tentang keanekaragaman hayati dan ekosistem Taman Nasional Kutai. Balai Taman Nasional Kutai sangat mendukung penuh kegiatan ini dan menyambut baik jika ada mahasiswa yang ingin melaksanakan penelitian di Taman Nasional Kutai.  

Sumber: Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini