Lebih dari Setengah Ton Sampah Diangkut dari Jalur Pendakian Gunung Salak

Senin, 21 Agustus 2017

Sukabumi 21 Agustus 2017. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam memperingati HUT RI ke-72, salah satunya dengan mununjukan rasa cinta terhadap hutan dan alam. Hal ini jualah yang dilakukan Balai TNGHS, Masyarakat Pecinta Alam, dan PT. Aqua Danone melalui operasi bersih di jalur pendakian Gunung Salak. Kegiatan yang bertajuk “Sapu Jagad 2017, Operasi Bersih 17 Gunung Serentak” ini diprakarsai oleh Trashbag Community. Sebuah komunitas pecinta lingkungan peduli sampah di Indonesia. Operasi bersih yang dilaksanakan pada tanggal 18-20 Agustus ini melibatkan 150 peserta, dimulai dari Jalur Pendakian Cidahu, Resort PTNW Kawah Ratu, dan berakhir di Jalur Pendakian Pasir Rengit, Resort PTNW Gn. Salak II.

Komunitas dengan slogan “Gunung Bukan Tempat Sampah” ini terbagi dalam 4 tim sesuai sasaran yang menjadi titik konsentrasi para pendaki. Beberapa lokasi tersebut adalah, Puncak Manik, Pasar Bayangan, HM 24, dan Pos Bajuri. Di sepanjang jalur pendakian ditemukan berbagai jenis sampah seperti botol minuman, bungkus makanan, bungkus minuman dan sebagainya. Operasi bersih ini berhasil mengumpulkan dan mengangkut 64 kantong sampah dengan total 696 kg dari sepanjang jalur pendakian.

Jalur pendakian Puncak Salak I merupakan jalur pendakian wisata yang secara resmi dibuka oleh Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jalur ini memiliki dua pintu resmi yaitu Cidahu, Sukabumi dan Pasir Reungit, Bogor. Jarak tempuh dari Cidahu adalah 75 hm dengan waktu tempuh normal 6 hingga 8 jam, sedangkan dari Pasir Reungit 90 hm dengan waktu tempuh 9 hingga 11 jam.

Berbagai strategi dan pendekatan sudah dilakukan oleh Balai TNGHS, namun pengelolaan sampah masih menjadi tantangan bagi pengelola. Kedepannya, kegiatan ini diharapkan mampu mengajak para pendaki untuk tak hanya menikmati keindahan alam saja, namun mampu menjaga keindahannya dengan tidak meninggalkan sampah. Karena gunung bukan tempat sampah.

Ayo kenali dan cintai negerimu dengan cara yang baik dan benar.

Sumber  Info : Balai TN Gunung Halimun Salak
Foto: Balai TNGHS, Senjaya, Trashbag Community

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.8

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini