Sekolah Rimbo Pintar Sungai Kuning Rayakan Hari Kemerdekaan

Jumat, 18 Agustus 2017

Tebo, 17 Agustus 2017. “Selamat pagi anak-anak, apa kabarnya hari ini??” Tanya kami. “Sehat pak”, jawab mereka. “Kita upacara ya hari ini dalam rangka hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke–72. Ayoo berbaris yang rapi.“ Ajak kami. Ya, tepat di hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 bersama anak-anak Sekolah Rimbo Pintar Sungai Kuning kami mengadakan upacara bendera di Sekolah Rimbo Pintar Sungai Kuning.
‘Menjadi Contoh Taman Nasional yang Mengintegrasikan Kepentingan Pembangunan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan Pembangunan Masyarakat Terasing.’ Ini merupakan visi dari Taman Nasional Bukit Duabelas. Sekolah Rimbo Pintar Sungai Kuning yang terletak di wilayah Resort Air Hitam I Seksi Pengelolaan Taman Nasional Bukit Duabelas Wilayah II Tebo TNBD merupakan sekolah yang dibentuk Taman Nasional Bukit Duabelas sebagai salah satu upaya pemberdayaan Suku Anak Dalam. Sekolah Rimbo Pintar Sungai Kuning ini dibentuk pada tahun 2016. Hingga saat ini Taman Nasional Bukit Duabelas sudah memiliki dua sekolah rimbo pintar, satu sekolah lagi berada di wilayah Resort Maro Sebo Ulu I Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Batanghari TNBD. Anak-anak yang belajar di sekolah rimbo ini merupakan anak-anak dari kelompok Tumenggung Bepayung. Usia mereka rata-rata merupakan usia sekolah dasar. Jarak sekolah mereka dengan kediaman berjarak tempuh ± 1 jam berjalan kaki.
Lewat sekolah yang dibentuk diharapkan anak-anak Suku Anak Dalam memiliki pengetahuan dasar sebagaimana layaknya anak usia sekolah, berbudi pekerti, memiliki rasa cinta tanah air. Anak-anak Sekolah Rimba Pintar Sungai Kuning juga dididik agar mencintai lingkungan hidup mereka tinggal terutama Taman Nasional Bukit Duabelas.
Setelah upacara bendera, diadakan beberapa perlombaan diantaranya: lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, lomba lari karung goni, lomba memasukkan paku ke dalam botol serta lomba ketapel. Semua tertawa senang dan gembira saat acara perlombaan berlangsung. Banyak adegan seru dan lucu yang terlihat saat perlombaan berlangsung. Setelah perlombaan, para pemenang diberi hadiah buku tulis dan pensil. Senang dan bahagia rasanya merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 bersama anak-anak Sekolah Rimbo Pintar Sungai Kuning.
‘Merah Putih berkibarlah terus, baik di kota, di desa, di hutan, di rawa, di gunung dan bukit, di lautan serta udara.’ Selamat Hari Ulang Tahun yang ke-72 Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita. Merdeka!!!

Sumber Info : Ganda Josua Samosir, S.Hut
Penyuluh Kehutanan Pertama Taman Nasional Bukit Duabelas

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini