Terjerat Ghost Fishing, Penyu Sisik Diselamatkan Warga Pulau Latondu

Selasa, 07 Mei 2024 BTN Taka Bonerate

P. Latondu, Kepulauan Selayar - 7 Mei 2024. Penyu memiliki peran yang penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Beberapa manfaatnya termasuk menjaga populasi hewan lain dengan mengendalikan jumlah krustasea, menjaga keseimbangan alga dengan memakan tumbuhan laut, serta menyediakan habitat bagi organisme laut kecil yang hidup di tempat bertelur penyu. Selain itu, penyu juga membantu dalam sirkulasi nutrisi di laut melalui konsumsi dan distribusi material organik.

Betapa pentingnya biota purba ini maka dimasukkan dalam list satwa dilindungi oleh negara. Taman Nasional Taka Bonerate merupakan rumah bagi 4 jenis satwa penyu, Penyu Sisik, Penyu Hijau, Penyu Tempayan, Penyu Lekang. Mereka senang bermain dan mencari makan diantara ekosistem karang dan lamun. Walaupun hidup bebas, satwa ini sering terjerat di limbah jaring nelayan atau tak sengaja masuk ke jaring nelayan. Seperti yang dialami Penyu Sisik yang ditemukan oleh nelayan yang baik hati di Desa P. Latondu ini.

Bapak Bolleng menemukannya di sebelah timur P. Latondu terjerat jaring yang hanyut, biasa disebut Ghost Fishing. Menurut keterangan Bolleng tidak diketahui sudah berapa lama penyu itu berada dalam jaring.

Kemudian penyu tersebut diserahkan ke petugas Resort Latondu, Balai Taman Nasional Taka Bonerarte, untuk dilepasliarkan. Namun sebelumnya telah dilakukan pengecekan kondisi fisik oleh petugas. Berdasarkan cek kondisi fisik, penyu tersebut memiliki panjang karapas 33 cm, lebar karapas 32 cm. 


"Sesuai hasil pemeriksaan Penyu ini berjenis kelamin betina, dan Alhamdulillah bergerak aktif (sehat)," jelas Andi Firman Polhut Ahli Pertama Resor Latondu. Setelah melakukan cek kondisi fisik petugas Resort Latondu Ahmad Nuryadin (PEH) melepasliarkan penyu tersebut di sisi barat Pulau Latondu besar di samping dermaga disaksikan anak-anak Desa Pulau Latondu.

Dengan disaksikan oleh generasi Desa Pulau Latondu diharapkan kedepannya anak-anak juga menyayangi dan turut menjaga kelestarian biota purba ini.


Sumber Teks & Foto: Andi Firman - Polhut Ahli Pertama Resor Latondu Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Editor: AsriTo' - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini