PLN Sofifi Jadi Sponsor Utama Kegiatan Kelompok Wisata di TN. Aketajawe Lolobata

Jumat, 18 Agustus 2017

Sofifi, 17 Austus 2017. Satu hari sebelum peringatan upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang akan dihelat di Resort Tayawi kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), panitia persiapan upacara disela-sela persiapan upacara mencoba wahana baru di sungai Tayawi di Resort Tayawi.

Adalah “Ba’anyur”, atau biasa disebut dengan tubing. Merupakan atraksi baru yang akan dipromosikan Resort Tayawi untuk menarik kunjungan wisatawan lokal. Tubing adalah meluncur diatas air atau sungai menggunakan alat bantu berupa ban dalam mobil atau truk. Kegiatan ini sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama.

“Ini adalah pertama kalinya ba’anyur (tubing) di Maluku Utara, karena belum ada yang upload foto seperti ini di sini”, kata David, anggota Pokja Database TNAL.

Setelah melakukan uji coba tubing, disepakati bersama bahwa sungai Tayawi sudah memenuhi syarat. Terdapat beberapa titik yang beraliran deras dan berbelok tajam, aliran sedang dan area yang memiliki arus pelan yang bisa untuk bersantai. Keunggulan lainnya adalah panorama hutan dan bukit kars yang sangat indah, yang bisa dijadikan latar belakang ber-swafoto saat tubing.

Kepala Balai TNAL menuturkan bahwa kelengkapan peralatan tubing terkait keselamatan agar diperhatikan.

Kegiatan tersebut berawal dari paket wisata bertajuk “Upacara Di Alam Bebas”, kelompok wisata kecil di Resort Tayawi, Hammockers Tayawi mencoba membuat terobosan baru dengan membuat proposal pengajuan dana CSR kepada PLN cabang Sofifi. Proposal ini bertujuan untuk membantu pengadaan perlengkapan wisata seperti tenda, alat masak, alat tubbing dan tentu saja hammock. Proposal tersebut membuahkan hasil, dan PLN cabang Sofifi menjadi sponsor utama kegiatan wisata tersebut.

Sekarang, kelompok Hammokers Tayawi sudah memiliki beberapa peralatan wisata berkat proposal tersebut. Salah satunya adalah alat tubbing. Salah satu anggota kelompok sangat berterima kasih kepada PLN atas bantuan tersebut dan akan melanjutkan kegiatan wisata di Resort Tayawi kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Hammockers Tayawi beserta petugas Resort Tayawi juga sudah mencoba atraksi tubbing di sungai Tayawi dan berhasil.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini