Peningkatan Jalan Tulabolo - Pinogu dengan Penandantanganan PKS oleh  Bupati Bone Bolango dan Kepala BTNBNW

Senin, 14 Agustus 2017

Bone Bolango, 14 Agustus 2017. Kepala Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) Noel Layuk Allo, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pembangunan strategis yang tidak terelakkan dalam rangka peningkatan jalan Tulabolo-Pinogu di TNBNW di Kecamatan Suwawa Timur dan Kecamatan Pinogu.

Penandatanganan PKS dengan Nomor : PKS.1801/BTNBNW-1/2017 dan Nomor : 100/PKS/08/Pem.KS/VIII/2017 tersebut, disaksikan langsung Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone dan jajaran pejabat dilingkungan Pemkab Bone Bolango dan Balai TNBNW, bertempat di ruang Huyula Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (14/8).

Bupati Hamim Pou mengatakan, mengaku bersyukur karena upaya Pemkab Bone Bolango merintis dan hendak membangun infrastruktur jalan akses Tulabolo-Pinogu di wilayah TNBNW di Kecamatan Suwawa Timur dan Kecamatan Pinogu sudah memiliki payung hukum yang jelas.

Bupati Hamim Pou melanjutkan, pembangunan jalan Tulabolo-Pinogu ini memang tidak mudah, sudah ada payung hukumnya, tapi anggarannya masih relatif kecil, karena APBD Bone Bolango yang terbatas, tentu harus dibagi-bagi.

Namun demikian, Bupati Hamim Pou berkeinginan dengan adanya payung hukum untuk peningkatan jalan Tulabolo-Pinogu, akan banyak hal yang  dikerjakan, apalagi PKS ini berlaku 10 tahun. Untuk itu, Bupati berharap kepada Dinas PUPR Bone Bolango dan TNI agar bisa segera bekerja untuk pembangunan peningkatan jalan Tulabolo-Pinogu tersebut.

“Kita targetkan dalam waktu 2-3 tahun kedepan, Insya Allah jalan 31 Km dari Tulabolo sampai Pinogu bisa kita selesaikan bersama-sama. Tidak hanya Bone Bolango, tapi juga bantuan dari provinsi dan pemerintah pusat bahkan dari TNBNW. Dengan demikian keterisolasian Kecamatan Pinogu ini bisa kita buka,” tandas Bupati Hamim Pou.

Kepala Balai TNBNW, Noel Layuk Allo pada kesempatan yang sama mengucapkan terima kepada kepada Pemkab Bone Bolango yang sudah mau bekerjasama sekaligus mengikuti regulasi yang sudah ada.

“Semuanya ini untuk masyarakat Pinogu, dimana ada sekitar 3 ribuan warga disana di dalam kawasan TNBNW itu kita akan beri akses jalan kepada mereka,” ujarnya.

Peningkatan jalan Tulabolo-Pinogu ini, mudah-mudahan ibisa berjalan dengan baik dan diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat di Kecamatan Pinogu. Sekaligus membantu mereka di dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya dan membantu TNBNW melakukan konservasi kawasan taman nasional yang ada di sekitar Kecamatan Pinogu.

Sebelumnya, Staf Ahli Bupati Bidang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Infrastruktur, Jumaidil menjelaskan bahwa tujuan PKS tersebut adalah optimalisasi pengelolaan kawasan TNBNW melalui peningkatan jalan Tulabolo-Pinogu di TNBNW Kecamatan Suwawa Timur dan Kecamatan Pinogu sepanjang 31 Km lebar 2 meter, dengan meminimalkan dampak terhadap keutuhan kawasan dan nilai-nilai penting akibat kegiatan peningkatan jalan.

Ruang lingkup PKS, jelas Jumaidil, meliputi pembangunan sarana dan prasarana pendukung, rehabilitasi kawasan, perlindungan dan pengamanan kawasan, pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi pembangunan, peningkatan jalan Tulabolo-Pinogu sepanjang 31 Km lebar 2 meter dengan menggunakan rabat beton, monitoring dan evaluasi.

”Jangka waktu PKS ini berlaku selama 10 tahun sejak ditandatangani,” jelasnya. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir)

Sumber Info : publik.id dan Balai TN Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini