Pendidikan Lingkungan Di SD Masehi Mambitul Bersama Konsorsium Sumba Hijau

Sabtu, 12 Agustus 2017

Waingapu, 12 Agustus 2017. Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa) bersama dengan konsorsium Sumba Hijau (Burung Indonesia) melakukan kegiatan penyadartahuan lingkungan hidup / pendidikan lingkungan di SD Masehi Mambitul Desa Malinjak kecamatan Katikutana Selatan kabupaten Sumba Tengah. Kegiatan ini  diikuti  125 anak didik dan dewan gurung yang berasal dari SD Masehi Mambitul. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini diisi dengan pemberian materi dan pemutaran film pendidikan lingkungan.

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan ini berasal dari Narasumber Burung Indonesia (Sdr. Samuel) terkait manfaat burung bagi kehidupan, jenis-jenis burung yang dilindungi dan jenis endemik di Pulau Sumba, dan bentuk-bentuk kegiatan yang diperbolehkan dan dilarang terhadap pemanfatan satwa liar. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Abdul Basit Nasriyanto, S.Hut.,M.Sc (Kepala SPTN Wilayah I Waibakul), beliau menyampaikan : Peran penting upaya konservasi bagi kehidupan manusia dan dampak yang akan ditimbulkan atas kerusakan hutan dan lingkungan. Penyampaian materi oleh kedua narasumber dibuat sederhana dengan ilustrasi-ilustrasi gambar yang mampu menarik minat siswa sekolah dasar untuk memperhatikan.

Selain menyampaikan materi, kegiatan pendidikan lingkungan ini juga diisi dengan pemutaran film tentang lingkungan hidup. Keceriaan siswa/i SD Masehi Mambitul dapat terlihat pada kegiatan ini, mengingat akses informasi di wilayah ini masih cukup terbatas dan pemutaran film-film tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi siswa-siswi SD Masehi Mambitul.

Kegiatan pendidikan lingkungan di SD Masehi Mambitul diakhiri dan ditutup oleh ibu kepala sekolah (Yuli Rambu Piras), dan beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan dan kegiatan yg dilakukan, dan dilain waktu kegiatan sejenis dapat ditingkatkan dengan informasi yang disampaikan lebih beragam.

Sumber Info : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini