Jejak Harimau Dewasa dan Anakan Ditemukan di Desa Lantosan Rogas

Jumat, 03 Maret 2023

Jejak harimau yang ditemukan di lokasi

         Desa Lantosan Rogas, 3 Maret 2023. Bermula pada Senin (27/2), Ansor Harahap, pemilik sapi dan Kaya Nasution, penggembala sapi, warga Desa Lantosan Rogas, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, kehilangan 3 ekor sapi. Keesokan harinya, Selasa (28/2), Ansor Harahap bersama dengan warga melakukan pengecekan lokasi penggembalaan dan menemukan bangkai 3 potongan tubuh sapi serta menemukan 2 jejak diduga Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Berlanjut pada Rabu (1/3), saat warga melakukan pembakaran semak-semak ilalang di sekitar lokasi penemuan potongan tubuh sapi, kembali ditemukan 1 jejak harimau yang terlihat masih baru. Setelah penemuan tersebut, warga kemudian melaporkan ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok.

         Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok bersama-sama dengan Tim dari jajaran Polres Tapanuli Selatan turun ke lokasi, pada Kamis (2/3) dan melakukan pengumpulan bahan dan keterangan dari warga, melakukan pengamatan dengan menemukan potongan-potongan tubuh sapi yang berserakan serta jejak harimau dewasa dan anakan. Diduga ada 2 ekor harimau yang melintas di lokasi tersebut. Tutupan lahan di lokasi kejadian berupa padang rumput terbuka, persawahan, karet dan sawit muda. Jarak lokasi TKP lebih kurang 3 km dari pemukiman warga.

Selanjutnya Tim melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga agar dalam penggembalaan ternak tidak dilepasliarkan dan sebaiknya dikandangkan, sebaiknya menghindari lokasi konflik, apabila harus beraktifitas di kebun/ladang dilakukan secara berkelompok mininal 5 orang, dan dihimbau bila melakukan aktifitas di luar perkampungan diantara jam 10.00 WIB s/d 16.00 WIB.

Petugas lakukan sosialisasi kepada warga

Sampai berita ini diterbitkan, warga berhenti dan enggan untuk beraktifitas ke kebun maupun sawah. Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara masih berada di lokasi untuk terus memantau perkembangannya.

 

Sumber : Dany Roy Putra Sitanggang - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini