Sosialisasi Rehabilitasi, Camat Wasile Timur “Bayangkan Jika Paru-paru Kita Rusak”

Rabu, 09 Agustus 2017

Sofifi, 9 Agustus 2017. Desa Dodaga, kecamatan Wasile Timur, kabupaten Halmahera Timur menjadi lokasi kegiatan Sosialisasi kegiatan rehabilitasi DAS Dodaga oleh PT. Antam, TBK. Hal ini dikarenakan lokasi rehabilitasi akan dilaksanakan di area Gunung Botak desa Dodaga.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Wasile Timur, Danramil, Kapolsek beberapa kepala Desa di kecamatan Wasile Timur dan masyarakat ataupun tokoh adat desa Dodaga. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2017 ini juga menghadirkan perwakilan dari BPDAS Ake Malamu dan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) dalam mengisi materi.

Pada saat pembukaan, Bapak Camat Wasile Timur mengatakan “Tahun 1982 transmigrasi Subaim di buka dan sempat merasakan sejuknya udara dan indahnya satwa di hutan, setelah perusahaan kayu masuk mengambil kayu di hutan maka sekarang desa Dodaga kesulitan untuk mencari kayu”. Beliau juga menambahkan “Indonesia merupakan paru-paru dunia karena hutannya, jadi bayangkan jika paru-paru kita yang rusak?”.

Bapak Rachmat dari PT. Antam dalam pemaparannya menjelaskan alasan tentang kegiatan rehabilitasi DAS di Gunung Botak desa Dodaga. Beliau menjelaskan bahwa rahab DAS merupakan kewajiban dari PT. Antam dan lokasi yang dipilih adalah kawasan TNAL berdasarkan SK dari Dirjen di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam paparannya juga dijelaskan tentang tahapan-tahapan dalam pelaksanaan rehabilitasi seluas 1.200 ha tersebut.

Setelah pemberian materi, para peserta undangan dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi.

 

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra, Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini