Elang Alap-alap Tikus Yang Akan Dijual, Diamankan Petugas

Jumat, 06 Januari 2023

Elang Alap-alap Tikus yang berhasil diamankan oleh petugas

 Tanjung Morawa, 6 Januari 2023. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui  Seksi Konservasi Wilayah II Stabat dan lembaga SUMECO melakukan penertiban kepemilikan satwa liar dilindungi undang-undang jenis Elang Alap-alap Tikus (Eleanus caeruleus) sebanyak 2 ekor di Desa Dagang Kerawan, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (4/1). Infomasi kepemilikan satwa sebelumnya  diperoleh dari postingan di grup FB "LA Hewan Sumut" oleh SH yang masih muda belia, berumur 18 tahun, beralamat di Tanjung Morawa, yang dilaporkan oleh lembaga Sumeco kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim dari Seksi Konservasi Wilayah II Stabat bersama dengan lembaga Sumeco melakukan penyamaran sebagai pembeli melalui media sosial. Kemudian disepakati transaksi satwa dengan COD di sekitar kediamannya. Upaya ini berhasil dan kemudian SH diamankan. Dari keterangan SH  diperoleh informasi bahwa pelaku memperoleh satwa tersebut dari pembelian secara online di media FB, kemudian dipelihara oleh pelaku selama 3 bulan. Selama ini aktivitas pelaku adalah menjual ikan cupang serta jenis gecko, dan baru kali ini mencoba memelihara satwa liar jenis Elang.

Mengingat usianya yang masih muda, Tim kemudian melakukan pembinaan kepada pelaku agar tidak mengulangi perbuatannya, dengan disaksikan langsung oleh kedua orangtuanya. Setelah menyadari kesalahannya, selanjutnya pelaku menyerahkan satwa tersebut kepada petugas Seksi Konservasi Wilayah II Stabat yang dilengkapi dengan Berita Acara Penyerahan Satwa.

Petugas saat akan mengevakuasi Elang Alap-alap Tikus

Usai penyerahan, Elang Alap-alap Tikus kemudian dievakuasi ke kandang satwa di kantor Seksi Konservasi Wilayah  II Stabat untuk di observasi.

Sumber : Esra Barus, S.Hut. dan Adi Maulana – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini