Dukungan Teknologi Digital dan Tourism Carrying Capacity Untuk Resort Loh Liang

Selasa, 13 Desember 2022

Labuan Bajo, 12 Desember 2022. Mahasiswa magang  dari  program  studi  (prodi)  Manajemen  Destinasi  Pariwisata, Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Joy Filip Oktavianus, serta mahasiswi prodi Manajemen Pengaturan Perjalanan, Dewi Meisya Maulidda mengikuti kegiatan penjagaan di Resort Loh Liang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II, Balai Taman Nasinal Komodo pada tanggal 1 – 10 Oktober 2022. Kedua mahasiswa ditempatkan di Resort Loh  Liang  untuk  menganalisa  kualitas  teknik  pemanduan  dan interpretasi  yang dilakukan oleh naturalist guide di tingkat tapak serta mempelajari keanekaragaman hayati flora dan fauna yang ada di lembah Loh Liang.

Resort Loh Liang merupakan salah satu resort jaga Balai Taman Nasional Komodo yang bertempatkan di Pulau Komodo yang kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Resort ini memiliki tipe ekosistem yang berbeda dengan ekosistem pada beberapa wilayah resort jaga di Pulau Rinca karena lembah Loh Liang didominasi oleh ekosistem hutan hujan yang lebih rimbun dan hijau. Resort ini juga memiliki kepadatan dan kelimpahan populasi biawak komodo dan kakatua kecil jambul kuning yang cukup tinggi, menjadikan Resort Loh Liang sebagai salah satu destinasi wisata alam di Taman Nasional Komodo yang memberikan kesempatan bagi turis untuk melihat kadal raksasa secara langsung di habitat alaminya.

Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Liang, Haruna dan Candra Irawan, mengajak Joy dan Dewi untuk mengikuti beberapa kegiatan resort-based management (RBM), antara lain: monitoring kakatua kecil jambul kuning, patroli jelajah hutan, rekapitulasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan pelayanan pengunjung. Joy dan Dewi kemudian diajak menjelajahi hutan menuju Lembah Poreng dengan jarak + 1 km dari Kantor SPTN Wilayah II di Loh Liang. Kedua mahasiswa juga diajarkan teknik pengamatan kakatua kecil jambul kuning saat pagi dan sore hari. Pengalaman ini merupakan pengalaman kali pertama mahasiswa pariwisata melakukan penelusuran pada wilayah hutan Pulau Komodo yang tentunya tidak akan terlupakan.

Joy dan Dewi menghabiskan sebagian besar waktu penjagaannya untuk terlibat aktif dalam pemanduan dan interpretasi di Loh Liang. Setidaknya sebanyak 2 – 3 kali pemanduan dilakukan oleh Joy dan Dewi. Kedua mahasiswa melatih kemampuan pemanduan  dan wawasan  interpretasi  pengelolaan  Taman  Nasional  Komodo  yang sudah diajarkan oleh Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama) secara langsung dengan wisatawan.

Selama terlibat dalam pelayanan pengunjung, Joy dan Dewi turut mengevaluasi kualitas pemanduan yang dilakukan oleh naturalist guide di tingkat tapak. Kedua mahasiswa bahwa naturalist guide di Loh Liang sudah cukup baik menyampaikan informasi interpretasi mengenai biawak komodo, namun demikian, peningkatan kualitas secara berkala tetap perlu dan penting untuk dilakukan. Salah satu contoh catatan yang perlu menjadi  perhatian  adalah  perlunya  kegiatan  penyegaran/pelatihan  bagi  tenaga naturalist guide yang baru untuk memperkaya dan memperdalam pengetahuan mengenai pengelolaan Taman Nasional Komodo serta perlunya peningkatan hospitality service yang ditunjukan oleh tenaga naturalist guide.

Joy dan Dewi merasa bahwa pelayanan pengunjung di Loh Liang sudah baik dilakukan oleh Balai Taman Nasional Komodo. Namun demikian, Balai Taman Nasional Komodo tetap perlu memastikan kualitas pelayanan pengunjung dengan mempertimbangkan potensi kenaikan tingkat kunjungan wisatawan dalam beberapa bulan dan tahun kedepan. Untuk itu, kedua mahasiswa menyarankan agar pengembangan teknologi digital untuk penerapan kuota berdasarkan perhitungan tourism carrying capacity perlu segera dikembangkan oleh Balai Taman Nasional Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Manajemen Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata NHI Bandung - Joy Filip Oktavianus (+6281395201028)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini