Pantau Box Sarang Lebah Yang Rusak, Bukti Adanya Beruang Madu

Kamis, 08 Desember 2022

Pekanbaru, 8 Desember 2022 - Petugas Resort Kerumutan Utara, Balai Besar KSDA Riau, melakukan pertemuan di rumah pemilik budidaya lebah madu di Desa Petodaan, Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan, untuk meminta informasi terkait kemunculan satwa beruang yang merusak dan memakan sarang lebah miliknya pada tanggal 29 s/d 30 November 2022. Patroli malam pun dilakukan bersama pemilik budidaya lebah madu di lokasi penempatan box sarang lebah untuk memantau pergerakan dan kemunculan satwa beruang, namun satwa beruang tidak datang lagi di lokasi tersebut pada malam itu.

Keesokan harinya, Tim melanjutkan observasi di sekitar box sarang lebah untuk melihat kerusakan akibat satwa beruang. Pemilik budidaya lebah madu dan masyarakat sekitarnya diberikan arahan agar tidak anarkis terhadap satwa dilindungi. Petugas juga memberikan saran agar di lokasi budidaya dilakukan pemasangan pagar keliling baik dari plastik hitam atau pagar seng atap agar beruang tidak masuk ke tempat box sarang lebah tersebut.

Tim meminta kerjasama untuk pemantauan dan menyampaikan kepada petugas, jika terdapat kemunculan satwa beruang madu kembali di lokasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini