The 7th Asean Heritage Parks Conference Visits Situgunung

Jumat, 04 November 2022

Situgunung, 4 November 2022. Kawasan wisata Situgunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kembali menjadi tujuan kunjungan para penikmat alam. Tak kurang dari 296 orang peserta perwakilan berbagai negara Asean yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Cambodia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam mengikuti field trip dalam rangkaian agenda Seventh Asean Heritage Parks Conference Indonesia yang dilaksanakan pada 2-3 November 2022 di Bogor. Delegasi Indonesia sendiri berasal dari Taman Nasional Gunung Leuseur, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Wakatobi, Taman Nasional Bantimurung Bulusarung, Taman Nasional Way Kambas dan Taman Nasional Kepulauan Seribu.  

Dalam sambutannya Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo, menyampaikan informasi terkait potensi wisata sekaligus memperkenalkan PT. Fontis Aquam Vivam sebagai mitra pemegang Perizinan Berusaha Pengusahaan Sarana Wisata Alam (PB-PSWA) di Situgunung. 

Peserta yang terbagi kedalam 6 grup didampingi oleh petugas lapangan langsung melaksanakan tracking dengan rute Resto Valley-Jembatan Merah-Curug Sawer-Glamping-Suspension Bridge-Pangrango Resto.

Salah satu destinasi utama yang dilewati tentunya Suspension Bridge terpanjang di Asia Tenggara, dengan panjang lintasan 515 meter dan ketinggian hampir 161 meter cukup memacu adrenalin. Deretan pemandangan canopy berbagai macam vegetasi dan suara satwa burung maupun primata sekitar jembatan menjadi suguhan menarik para delegasi Asean Heritage Parks. 

Akhir perjalanan di Pangrango Resto disambut oleh kesenian khas sunda gamelan karinding dan aksi pencak silat yang diperagakan oleh masyarakat setempat. Pada umumnya peserta begitu antusias dan takjub setelah menjajal beberapa wahana baru seperti Jembatan Lembah Purba dan Keranjang Sultan. Tak hanya itu, secara kebetulan ada beberapa peserta yang berprofesi sebagai vlogger ikut membuat konten untuk mempromosikan potensi Situgunung.   

Momentum seperti ini menjadikan kehormatan dan kebanggaan BBTNGGP sebagai pemangku kawasan, namun yang utama pastinya menjadi ajang menarik minat pengunjung domestik dan mancanegara untuk berwisata di kawasan TNGGP khususnya Situgunung.

Sumber : Agus Deni, S.Si. - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Foto : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini