Orangutan Tapanuli Muncul di Batu Lubang, Petugas Lakukan Penghalauan

Jumat, 21 Oktober 2022

Orangutan Tapanuli yang muncul di batu lubang

Simaninggir, 20 Oktober 2022. Kepala Resort Konservasi Wilayah Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori, pada Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, Balai Besar KSDA Sumatera Utara, menerima informasi dari Komandan Pos (Danpos) Kepolisian Sitahuis, tentang penampakan pergerakan orangutan di lokasi batu lubang, Desa Simaninggir, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah, yang merupakan kawasan hutan lindung Batang Toru Blok Barat, Senin (17/10).

Menindaklanjuti informasi tersebut, petugas menyambangi lokasi dan berkoordinasi dengan Kepala Desa Simaninggir sembari memberi penjelasan tentang perlindungan satwa liar sebagaimana yang tertera dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Kepala Desa pun menyatakan siap untuk membantu pengamanan di lokasi dan memberikan himbauan lisan kepada warganya untuk tidak melakukan tindakan apapun terhadap orangutan tersebut.

Penghalauan dengan menggunakan petasan

Selanjutnya petugas bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) dan Yayasan Scorpion Indonesia melakukan tindakan mitigasi berupa penghalauan/pengusiran dengan menggunakan petasan dari mercon. Setelah menunggu beberapa jam, dan orangutan tidak muncul lagi, akhirnya petugas meninggalkan lokasi sambil menghimbau Kepala Desa untuk ikut membantu memantau keberadaan satwa tersebut dan segera melaporkannya bila menemukan kembali kehadiran satwa langka ini.

Sumber : Lantas Hutagalung – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini