Komisi IV DPR RI Dukung Pelestarian Edelweis di TN Bromo Tengger Semeru

Selasa, 01 Agustus 2017

Tengger, 1 Agustus 2017. Bertempat di Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Wilayah Tengger Laut Pasir, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), sebanyak 28 orang rombongan Komisi IV DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Turut hadir pada kesempatan tersebut yaitu Bapak Ir. Wiratno, M.Sc. selaku Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Bapak Nandang Prihadi selaku Kepala Bagian Program dan Evaluasi Setditjen KSDAE, Bapak Ir. John Kenedie, M.M. selaku Kepala Balai Besar TNBTS, dan Dr. Ir. Ayu Dewi Utari, M.Si. selaku Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur.

Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI yang diketuai Bapak Dr. Ir. E. Herman Khaeroni, M.Si ini salah satunya meninjau pembangunan Platform Land of Edelweis di Taman Edelweis TNBTS. Lokasi yang direncanakan sebagai tempat edukasi pelestarian edelweiss tersebut juga berfungsi sebagai tempat berfoto maupun selfie. Kesempatan kunjungan tersebut juga dimanfaatkan Komisi IV DPR RI untuk melakukan penanaman bibit edelweiss sebagai bentuk dukungan terhadap upaya konservasi edelweiss di TNBTS.

Sebelum penanaman, Rombongan Komisi IV DPR RI mendapat penjelasan tentang program pelestarian tumbuhan Edelweis di TNBTS yang disampaikan oleh Penyuluh Kehutanan BBTNBTS. Program pelestarian edelweiss di TNBTS merupakan tindaklanjut dari permasalahan perusakan bunga edelweiss oleh pendaki yang tidak bertanggungjawab, pemanfaatan untuk Upacara Adat Tengger, dan penjualan bunga edelweiss secara illegal di kawasan TNBTS. Program yang diawali dari upaya budidaya edelweiss sejak tahun 2014 kemudian berkembang menjadi program Taman Edelweis-Taman Edelweis di sekolah-sekolah sekitar TNBTS saat ini mulai dikonsep menjadi Desa Edelweis-Desa Edelweis TNBTS yaitu di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan dan Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Program Desa Edelweis TNBTS merupakan terobosan baru pengelolaan kawasan hutan konservasi bersama masyarakat yang menjembatani antara kepentingan konservasi di TNBTS, Adat Budaya Masyarakat Tengger, dan peningkatan perekonomian masyarakat desa penyangga khususnya desa-desa Tengger. Salah satu konsep yang ditawarkan dalam wisata di Desa Edelweis TNBTS yaitu berupa penanaman eksklusif bibit edelweiss dan souvenir bunga edelweiss hasil budidaya oleh masyarakat yang telah mendapat legalitas dari TNBTS ataupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Rombongan Komisi IV DPR RI kemudian bersama-sama melakukan penanaman bibit edelweiss didampingi anak-anak Tengger dari SD Negeri Ngadisari I. Ibu Siti Hediati Soeharto, S.E. putri mendiang Presiden Soeharto yang turut serta dalam rombongan Komisi IV DPR RI menyampaikan bahwa program pelestarian edelweiss di TNBTS sangat bagus karena tumbuhan yang dilindungi tersebut berhasil dibudidaya dan kini bisa mengakomodir wisatawan yang ingin memetik edelweiss secara legal maupun mendukung pelestarian Adat dan Budaya Masyarakat Tengger. Mari bergandeng tangan dengan cinta melestarikan alam dan budaya.

Sumber Info : Birama Terang Radityo, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini