TN Aketajawe Lolobata Tergabung Dalam Tim Perumus di Workshop KSDAE

Senin, 31 Juli 2017

Jakarta, 27 Juli 2017. Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) menyelenggarakan acara Workshop yang bertemakan “Spirit KSDAE Kembali Ke Lapangan”. Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat di KSDAE dan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) KSDAE di Indonesia, yaitu Balai Taman Nasional dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Dirjen KSDAE, Ir. Wiratno, M.Sc. Dalam arahannya, beliau selalu mengajak semua personil di KSDAE kembali ke kawasn dan kawasan sesuai dengan tema workshop.

“Mereka (negara lain) harus belajar ke kita tentang konservasi, bukan kita yang belajar ke mereka”, kata Pak Wir, panggilan akrab Bapak Dirjen. Beliau juga menambahkan bahwa “Indonesia punya segalanya, air, hutan , emas dan keanekaragaman hayati yang luar biasa, kita pasti bisa”.

Setelah acara pembukaan dan pemberian materi dari beberapa Kepala Balai yang menjadi narasumber, peserta kegiatan dipisahkan. Para Kepala Balai dan pejabat lainnya diarahkan untuk mengikuti acara road show ke Taman Nasional Gunung Cermai selama dua hari. Sedangkan para pendamping (walidata) melanjutkan kegiatan workshop. Dalam kegiatan tersebut Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) dan 14 UPT lainnya diberikan tugas untuk menjadi tim perumus kegiatan workshop untuk tindak lanjut kedepan.

Hasil rumusan tersebut salah satunya adalah seluruh UPT diharuskan memiliki “Role Model” dalam pengelolaan kawasan.

Tim perumus kembali diundang oleh Bapak Dirjen KSDAE untuk berdiskusi langsung tentang hasil rumusan. Bapak Wiratno memberikan motivasi-motivasi bagi tim perumus agar hasil rumusan segera disampaikan kepada Kepala UPT masing-masing dan segera dilaksanaka.

“Hanya kita (KSDAE) yang mengurusi masalah satwa atau flora dan fauna, jadi siapa lagi yang akan menyelamatkan keanekaragaman hayati di Indonesia”, pungkas Beliau.

 

Oleh: Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini