Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi di TN Kelimutu

Senin, 31 Juli 2017

Ende, Rabu 26  Juli 2017. Taman Nasional Kelimutu mengadakan kegiatan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi dengan Metode METT (Management Effectiveness Tracking Tool) di Aula Balai Taman Nasional Kelimutu diikuti internal pengelola kawasan dan mengundang para stakeholder terkait yaitu  Dinas Pariwisata Kab. Ende,  Bappeda Kab. Ende,  HPI Ende, ASITA Ende, PHRI Ende,  DMO Flores, TMO Ende, Camat di daerah penyangga TN Kelimutu, LSM Tananua, Universitas Flores, tokoh adat, pelaku wisata alam, kelompok masyarakat serta mitra kerja lainnya. Proses penilaian efektifitas pengelolaan kawasan TN. Kelimutu dilakukan oleh seluruh peserta dengan pendampingan / fasilitator dari The Wildlife Conservation Society – Indonesia Program(WCS-IP), M Muslich.

Penilaian efektifitas menggunakan metode METT (Management Effectiveness Tracking Tool) yang dilakukan terhadap beberapa aspek, meliputi aspek konteks, perencanaan, input, proses, output dan outcome.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian efektifitas terhadap pengelolaan kawasan Taman Nasional Kelimutu perlu dilakukan untuk mengetahui apakah pengelolaan kawasan sudah berjalan efektif atau belum dan lebih memahami upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan pengelolaan kawasan yang efektif melalui evaluasi pengelolaan kawasan dengan metode METT.

Setelah menjalani proses dan diskusi yang cukup panjang, kegiatan Self Assessment METT pada kawasan Taman Nasional Kelimutu selesai dilaksanakan, Taman Nasional Kelimutu mengalami peningkatan nilai METT  dari tahun sebelumnya. Penilaian awal di Tahun 2015 dengan nilai 66 tersebut sudah ditetapkan sebagai baseline skor METT bagi Balai Taman Nasional Kelimutu melalui Keputusan Direktur Jenderal KSDAE Nomor SK.357/KSDAE-SET/2015 tanggal 31 Desember 2015.  Selanjutnya pada tahun 2016 Balai Taman Nasional Kelimutu juga sudah melakukan penilaian METT secara internal dan mendapatkan nilai 70%. Pada Penilaian tahun ini hasil akhir penilaian untuk Taman Nasional Kelimutu sebesar 70%. Berdasarkan penilaian tersebut nilai METT Taman Nasional Kelimutu sesuai target capaian Kementerian LHK yaitu sebesar 70%. Diharapkan kedepan, pengelola Taman Nasional Kelimutu mampu meningkatkan nilai METT.

Sumber: BTN Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini