BKSDA Sumbar Verifikasi Hotspot di Sekitar SM Barisan

Selasa, 05 April 2022

Padang, 5 April 2022. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) melalui Resort Konservasi Wilayah (RKW) Barisan Padang Pariaman melakukan pemantauan hotspot harian melalui satelit pemantau Titik Api (Hotspots) pada aplikasi SIPONGI. Dari pengamatan terpantau beberapa titik hotspot di kawasan hutan dan langsung dilakukan pengecekan oleh tim RKW 5 Padang Pariaman, Selasa (5/4) dengan menurunkan personil sebanyak 5 orang.

Lokasi tepatnya di Nagari Kasang, sangat sulit dijangkau dengan kendaraan dan hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki. Disana ditemukan bekas kebakaran yang berada pada kawasan hutan lindung berbatasan langsung dengan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Barisan yang diperkirakan luas kebakaran sekitar 1 Hektare. Dilihat dari kondisi sisa kebakaran diperkirakan terjadi 2 (dua) hari sebelumnya. Setelah memastikan api padam dengan cara POP UP, tim melanjutkan melakukan groundcheck  untuk memantau kembali lokasi kebakaran, juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait sebagai upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan.

Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono menghimbau seluruh masyarakat untuk menjaga hutan dan tidak  membakar untuk membuka lahan di kawasan. Perbuatan membakar hutan merupakan hal yang dilarang. Bagi yang sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan yaitu membakar hutan, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini