Translokasi 5 Raptor ke TaNa Halisa

Sabtu, 26 Maret 2022

Yogyakarta, 26 Maret 2022. Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta bersama bersama Centre for Orangutan Protection (COP) dan Wildlife Rescue Centre (WRC) Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) baru saja melakukan translokasi 5 (lima) ekor raptor terdiri dari Elang brontok (Nisaetus cirrhatus) sebanyak 3 (tiga) ekor, Elang tikus (Elanus caeruleus) sebanyak 1 (satu) ekor dan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) sebanyak 1 (satu) ekor ke Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ), Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TaNa Halisa/BTNGHS), Jawa Barat, Jum’at (25/3/22). Untuk jenis satwa elang brontok dan elang tikus merupakan satwa yang sebelumnya dirawat di WRC – YKAY, sedangkan satu ekor elang jawa yang diberi nama Wahyudi, merupakan hasil penyerahan masyarakat Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Mempertimbangkan hasil assesmen kesehatan dan fisik terhadap Elang jawa yang masih jinak sehingga sesuai arahan Kepala Balai KSDA Yogyakarta, satwa elang jawa tersebut turut serta ditranslokasikan ke PPSEJ – BTNGHS untuk menjalani rehabilitasi disana hingga siap dilepasliarkan kembali ke alam. Sementara itu terhadap keempat satwa lainnya telah dilakukan persiapan menyeluruh meliputi administrasi, tes kesehatan serta handling satwa yang dilakukan bersama dengan WRC YKAY dan COP untuk memastikan kesiapan satwa.  Setelah proses persiapan selesai, tim translokasi berangkat dengan perjalanan darat selama hampir 13 jam menuju PSSEJ di Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sampai di lokasi tujuan, petugas PSSEJ segera melakukan pengecekan dokumen dan fisik satwa oleh drh. Septi Dewi Cahaya, selaku dokter hewan dan tim PSSEJ-BTNGHS. Serah terima satwa dari BKSDA Yogyakarta yang dilakukan Plt. KSBTU BKSDA Yogyakarta - Untung Suripto, kepada Balai TNGHS diterima oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Dr. Pairah, S.Si., M.P.

Melepas keberangkatan tim translokasi satwa Balai KSDA Yogyakarta ke TNGHS, Kepala BKSDA Yogyakarta M. Wahyudi mendukung penuh pelaksanaan translokasi raptor ini. “Kegiatan tanslokasi ini bertujuan untuk mempercepat proses rehabilitasi elang dalam rangka pelepasliaran, harapan kami proses rehabilitasi berjalan dengan lancar sehingga raptor dapat segera dikembalikan ke habitatnya, dan raptor tersebut akan mampu bertahan hidup dan berkembangbiak di alam pasca dilepasliarkan.”  jelasnya.

Lebih lanjut, M. Wahyudi menyampaikan terimakasihnya kepada Balai TNGHS, “Saya ucapkan terimakasih kepada Kepala Balai TNGHS yang telah berkenan menerima elang dari YKAY dan serahan dari masyarakat ini untuk direhabilitasi di PSSEJ-TNGHS. Semoga sinergi dari berbagai pihak ini dapat menjadi langkah baik dalam mendorong kelestarian raptor di indonesia.” tutupnya.

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta                         

Penanggung jawab berita : Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi   : Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini