Elang Hasil Temuan Masyarakat Kembali ke Habitatnya

Sabtu, 26 Maret 2022

Yogyakarta, 25 Maret 2022. Balai KSDA Yogyakarta tindak lanjuti laporan masyarakat terkait penemuan 1 (satu) ekor satwa yang dilindungi sekaligus endemik Pulau Jawa yakni Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Jum’at (25/3/22), setelah sehari sebelumnya petugas Balai KSDA Yogyakarta menerima laporan dari warga Sambisari, Ploso Kerep, Cangkringan terkait penemuan satwa elang jawa di pekarangan rumahnya.

Mengingat lokasi penemuan yang berada di daerah penyangga Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), personil Quick Respon Balai KSDA Yogyakarta pun segera berkoordinasi dengan petugas Balai TNGM untuk melakukan rescue dan identifikasi satwa yang dilaporkan tersebut. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa satwa yang ditemukan warga Cangkringan adalah benar jenis elang jawa. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan Balai KSDA Yogyakarta, ternyata satwa yang identik dengan lambang negara Republik Indonesia ini dalam kondisi sehat dan menunjukkan perilaku liar. Elang jawa tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas Balai TNGM untuk kemudian dilepasliarkan di hari yang sama dengan proses evakuasinya. Hal tersebut berdasarkan pertimbangan elang dalam kondisi sehat dan masih berperilaku liar.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi memberikan respon positif terhadap kejadian penemuan satwa elang jawa di Cangkringan tersebut. “Terimakasih kepada warga masyarakat yang telah peduli terhadap kelestarian satwa liar dilindungi ini. Apa yang dilakukan oleh warga Cangkringan ini patut kita acungi jempol. Kesadarannya untuk menyelamatkan satwa dan melaporkan penemuan satwa dilindungi kepada petugas merupakan langkah yang tepat. Rasa bangga juga saya sampaikan kepada Tim Quick Response Balai KSDA Yogyakarta dan Petugas Balai TNGM yang telah mengambil langkah tepat mulai dari proses evakuasi, pemeriksaan kesehatan, hingga analisis yang diberikan terkait pelepasliaran satwa sesegera mungkin setelah melihat hasil pemeriksaan kesehatan dan perilaku satwanya.” kata M. Wahyudi.

Lebih lanjut M. Wahyudi meminta stafnya untuk berkoordinasi dengan petugas TNGM. “Selama 2 (dua) hari berturut-turut Balai KSDA Yogyakarta menerima laporan masyarakat terkait penemuan elang jawa di sekitar kawasan TNGM dan personil Quick Response Balai KSDA Yogyakarta telah menindaklanjuti upaya penyelamatan satwa tersebut. Saya minta petugas dari Balai KSDA Yogyakarta dapat berkoordinasi dengan  Balai TNGM untuk melakukan telaahan lebih lanjut terkait penemuan elang jawa ini dan melakukan analisa apa yang melatarbelakangi keluarnya elang jawa dari habitatnya di TNGM.” tutup M. Wahyudi.

Sumber: Uut Budiarto – Polisi Hutan Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta-Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini