Siswa SD Tetandara Ende Serahkan Bambangan Coklat

Kamis, 24 Maret 2022

Ende, 24 Maret 2022. Para siswa SDI Tentadara Ende yang berjumlah 7 orang mendatangi  Kantor Balai Taman Nasional (TN) Kelimutu pada hari Rabu, 23 Maret 2022. Mereka datang dengan membawa seekor burung yang ditemukan di pinggir Jalan Nangka, Ende dalam kondisi lemas. Salah satu anak bernama Dede menuturkan bahwa mereka menjumpai burung tersebut dipinggir jalan ketika mereka sedang dalam perjalanan pulang sekolah menuju rumah. Pada awalnya mereka berniat menjual burung tersebut kepada para wartawan yang sedang berkumpul di kantor DPRD Kab.Ende. Namun, oleh wartawan tersebut anak-anak itu diarahkan menuju Kantor Balai Taman Nasional Kelimutu yang berada tidak jauh dari kantor DRPD Kab. Ende.

Setelah anak-anak datang menyerahkan burung tersebut, dilakukan proses identifikasi oleh petugas Balai TN Kelimutu dan didapatkan hasil bahwa burung tersebut merupakan burung Bambangan Coklat (Ixobrychus eurythymus) yang biasa hidup didaerah rawa atau persawahan. Burung Bambangan Coklat (Ixobrychus eurythymus) termasuk kedalam satwa liar dilindungi sesuai dengan Peraturan Menteri LHK Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 dan termasuk kedalam kategori Least Concern/Resiko Rendah oleh IUCN. Pemeriksaan terhadap burung tersebut kemudian dilakukan oleh dokter hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Ende. Dokter hewan menyatakan  bahwa burung dalam keadaan sehat dan hanya mengalami kelaparan sehingga perlu diberikan pakan terlebih dahulu berupa jangkrik ataupun ikan kecil sebagai pakan alaminya. Setelah proses pemeriksaan selesai, dilakukan proses koordinasi dengan BBKSDA NTT Resort Konservasi Wilayah Ende untuk dititipkan dan akan dilakukan perawatan sampai burung tersebut dapat dilepasliarkan lagi dialam.

Sebagai apresiasi kepada ketujuh siswa SDI Tetandara yang telah memberi kepedulian terhadap satwa dan lingkungan, Balai TN Kelimutu memberikan apresiasi dengan berupa souvenir sebagai kenang-kenangan. Harapannya setelah ini akan lebih banyak siswa dan pelajar yang peduli terhadap satwa dan lingkungan terlebih melalui program KSDAE Mengajar.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini