ANECC Menjadi Terapi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Selasa, 22 Maret 2022

Gajah dan lingkungan ANECC menjadi edukasi sekaligus terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus

Aek Nauli, 22 Maret 2022. Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) dikunjungi sekitar 22 orang anak berkebutuhan khusus bersama dengan orangtuanya serta pendamping dari komunitas Rumah Ramah Anak Berkebutuhan Khusus Siantar-Simalungun, Minggu (20/3). Tujuan kunjungan ini selain sebagai bentuk wisata edukasi juga dimaksudkan sebagai bentuk terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus, karena mereka berinteraksi mengenal lingkungan ANECC, termasuk belajar tentang satwa Gajah Sumatera (Elephant maximus sumatrae).

Suasana ceria dan gembira terlihat ketika anak-anak spesial ini mendapat pengetahuan dan mengenal gajah secara langsung. Seakan tidak terpengaruh dengan keterbatasan yang dimilikinya, mereka menggali keingintahuan tentang satwa tersebut sehingga membuat petugas dan mahout yang mendampingi gajah kewalahan untuk melayani/menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Keceriaan dan kebahagiaan inilah yang menjadi terapi untuk menyadari bahwa mereka juga sama dengan yang lainnya, dimana keterbatasan bukanlah menjadi penghalang untuk belajar.

Kebahagiaan juga terpancar dari raut wajah orangtua saat melihat keceriaan dan kegembiraan anak-anak mereka. Mereka pun berbaur serta ikut bermain mengenal gajah beserta dengan lingkungan ANECC. Saat ditanyakan tanggapannya terhadap edukasi konservasi di ANECC, orangtua memberikan apresiasi dan penilaian bahwa kegiatan  yang dikembangkan di ANECC sangat mengedukasi dan menginspirasi anak-anak mereka untuk belajar dan peduli kepada kehidupan di alam.

Tak terasa waktu pun berlalu, anak-anak berkebutuhan khusus ini harus mengakhiri kunjungan di ANECC. Tergambar adanya keinginan berlama-lama menikmati suasana keceriaan di ANECC, namun waktu jualah yang membatasinya. Anak-anak berkebutuhan khusus beserta dengan orangtuanya harus kembali ke rumahnya masing-masing. Semoga kebahagiaan dan keceriaan anak-anak istimewa ini akan berlanjut di waktu-waktu yang akan datang.

Foto bersama usai kunjungan ke ANECC

Sumber : Yustiil Fazri – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini