Temuan Buaya Saat Mengambil Air di Kanal

Selasa, 22 Maret 2022

Pekanbaru, 22 Maret 2022 - Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Besar KSDA Riau dengan anggota Ahmad Fitriansyah, Sehat Nasution dan Azwar melakukan evakuasi satwa liar Buaya di Desa Palas, Kec. Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan, Selasa (15/3).

Berawal dari Pak Ari, salah seorang pekerja kebun sawit milik pak Taufik yang menemukan seekor Buaya saat mengambil air di kanal untuk menyemprot rumput. Pak Taufik melaporkan kepada Bhabinkamtibmas Desa Palas yang  segera meneruskannya ke Kapolsek Pangkalan Kuras. Diperkirakan Buaya berasal dari sungai Nilo kecil yang meluap dan masuk ke dalam kanal perkebunan masyarakat.

Kapolsek Pangkalan Kuras berkoordinasi dengan pihak Balai Besar KSDA Riau terkait temuan tersebut, Sekira pukul 14.30 WIB, Buaya berhasil diamankan oleh Tim Polsek Pangkalan Kuras yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Agustinus Chandra Pietama dan langsung diserahkan ke Tim Balai Besar KSDA Riau di lapangan.

Buaya dibawa ke Polsek Pangkalan Kuras untuk dilakukan Identifikasi, pemeriksaan kondisi fisik dan pembuatan Berita acara serah terima satwa. Hasil Identifikasi Jenis Buaya adalah sinyulong  (Tomistoma schlegelii) , panjang 2,9 meter, lebar 35 cm,  jenis kelamin betina dan kondisi sehat tidak terdapat luka.

Mengingat kondisi Buaya yang sehat, lincah, dan tidak terluka Buaya langsung dilepasliarkan kembali ke habitatnya di sungai yang berada di Kawasan Konservasi yang jauh dari aktifitas penduduk.

Terima kasih bapak Taufik dan Kapolsek Pangkalan Kuras Bapak Agustinus beserta jajarannya telah sigap melakukan penyelamatan untuk menghindari konflik antara manusia  dan satwa

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDARIAU |032022]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini