Kuliah Konservasi Alam di TWA Pulau Bakut

Selasa, 22 Maret 2022

Pulau Bakut, 19 Maret 2022 – Sebanyak 50 orang Mahasiswa dari Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Kehutanan melakukan kegiatan Praktek Mata Kuliah Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan “Valuasi Taman Wisata Alam Pulau Bakut”, Sabtu (19/3). Bersama dosen pendamping  Ibu Arfa Agustina Rezekiah, S. Hut MP dan Bapak Dr. Abdi Fithria di TWA Pulau Bakut, Praktek Kerja Lapangan ini bertujuan untuk melakukan analisis nilai ekonomi TWA Pulau Bakut dan nilai rekreasi serta perhitungan pada biomassa tegakan berdiri menggunakan pendekatan allometrik dan nilai rekreasi menggunakan pendekatan travel cost dan penilaian kontingensi realita pekerjaan yang akan dihadapi dan membandingkan pengetahuan selama perkuliahan dengan praktek di lapangan.

Kedatangan Mahasiswa untuk melakukan kegiatan praktek lapangan diharapkan akan menghasilkan data dan informasi TWA Pulau Bakut yang nantinya bisa bermanfaat sebagai konsevasi TWA Pulau Bakut.

2-2022-03-21 at 17.56.39

Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc  berpesan bahwa “Mahasiswa yang akan melakukan Praktek di TWA Pulau Bakut agar dapat memanfatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya agar pembelajaran dan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan selama masa perkuliahan. Dalam kesempatan ini juga Kepala Resort Imam Riyanto, S.Hut memberikan penjelasan singkat mengenai TWA Pulau Bakut yang mempunyai fungsi sebagai perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan.

3-2022-03-21 at 17.56.56

Menurut Bapak Dr. Abdi Fithria sebagai dosen pendamping Mahasiswa Praktek bahwa pengelolaan TWA memberikan pelayanan yang baik, tersedianya informasi beberapa jenis pohon yg ditanam sehingga menambah wawasan pengunjung, namum perlu adanya pelang tentang potensi flora dan fauna TWA agar wisatawan bisa membaca dan mengetahuinya. (ryn)

Sumber : Imam Riyanto, S.Hut. - Kepala Resort TWA Pulau Bakut, SKW II Banjarbaru Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini