Community Coastal Clean Up TN Komodo di Hari Bakti Rimbawan

Jumat, 18 Maret 2022

Kepala Resort Loh Liang bersama dengan masyarakat membersihkan pesisir pantai dari 'sampah kiriman' sebelum beraktivitas melayani wisatawan

Labuan Bajo, 17 Maret 2022. Ranger lingkup Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II dan SPTN Wilayah III giat melakukan community coastal clean up tepat di Hari Bakti Rimbawan ke-39, Rabu (16/3). Kegiatan serentak diselenggarakan di lingkup SPTN Wilayah II pada Resort Loh Liang, Resort Loh Sebita, Resort Gili Lawa, Resort Kampung Komodo, dan Resort Loh Wenci-Sapeh. Sementara giat peduli lingkungan lingkup SPTN Wilayah III dilaksanakan pada Resort Padar Utara, Resort Padar Selatan, Resort Papagarang, dan Resort Loh Wau.

Masyarakat dan mitra turut dilibatkan dalam pelaksanaan community coastal clean up. Adapun mitra yang terlibat antara lain: pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, anggota Masyarakat Mitra Polhut lingkup SPTN Wilayah II, anggota Masyarakat Peduli Api lingkup SPTN Wilayah II, petugas naturalist guide KSU TN Komodo, masyarakat penjual souvenir, dan masyarakat pemilik warung kuliner.

Petugas Resort Gili Lawa melakukan coastal clean up di dasar perairan wilayah timur laut Pulau Komodo

Giat bersih lingkungan di resort lingkup SPTN Wilayah II ini tidak hanya dilakukan di daratan, namun juga di wilayah perairan. Volume sampah yang berhasil dikumpulkan mencapai 29.5 karung, dengan rincian Resort Kampung Komodo (3 karung), Resort Loh Liang (10 karung), Resort Loh Sebita (0.5 karung), Resort Gili Lawa (5 karung), dan Resort Loh Wenci – Sape (8 karung). Resort lingkup SPTN Wilayah III berhasil mengumpulkan 13 karung sampah, dengan rincian: Resort Padar Utara (3 karung), Resort Padar Selatan (3 karung), Resort Papagarang (4 karung), dan Resort Loh Wau (3 karung).

Gatot Kuncoro Edi (Kepala SPTN Wilayah II) dan Urbanus Sius (Kepala SPTN Wilayah III) berharap agar masyarakat dalam kawasan dan wisatawan dapat turut menjaga kebersihan lingkungan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Para ranger Balai Taman Nasional Komodo memperingati Hari Bakti Rimbawan dengan khidmat dan penuh kesukacitaan dalam menjunjung kelestarian alam.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Polisi Kehutanan Pertama - Novita Yanti Sidabutar, S.Hut. (+6281210396563)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini