PPA IO-732 Pametikarata Menjelajahi Goa Kanabuwulang Taman Nasional Matalawa

Senin, 31 Juli 2017

Waingapu, 31 Juli 2017. Pusat Pengembangan Anak (PPA) IO-732  Pametikarata- Lewa melaksanakan kegiatan lintas alam dikawasan Taman Nasional Matalawa dalam rangka pembentukan karakter cinta lingkungan bagi setiap anak didik yang ikut pada acara tersebut.  Kegiatan lintas alam TN Matalawa ini sendiri diikuti 40 orang peserta yang terdiri 30 orang anak didik dan 10 orang Mentor. Sedangkan pendamping dari TN Matalawa diwakili staf SPTN II Lewa sebanyak 4 (empat) orang personil.

Kegiatan lintas alam ini dilaksanakan pada hari Minggu, 30 Juli 2017 dengan mengambil rute penjelajahan dimulai dari Pos Jaga Kambatawundut menuju Goa Kanabuwulang atau yang lebih dikenal sebagai Goa Meteor Impact oleh masyarakat. Peserta kegiatan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penjelajahan ini, selain mengunjungi objek daya tarik wisata goa kanabuwulang yang sangat indah, peserta juga diajak menjelajahi padang savanna yang luas dan melintasi hutan tutupan rapat khas Sumba.

Selain menjelajahi kawasan hutan TN Matalawa dan mengunjungi Goa Kanabuwulang yang berada diwilayah kerja SPTN II Lewa, peserta juga memperoleh banyak informasi terkait pengelolaan kawasan konservasi seperti; Tehnik pengumpulan data Sumberdaya Alam, teknik penanggulangan gangguan terhadap kawasan hutan, dan interpretasi wisata yang disampaikan oleh Sdr. Otniel May Staf SPTN II Lewa yang ikut mendampingi kegiatan Lintas alam tersebut.

Kawasan TN Matalawa merupakan benteng terakhir dalam upaya konservasi Sumberdaya Alam di Pulau Sumba, hampir sebagian besar potensi sumberdaya alam Pulau Sumba berada didalam kawasan konservasi ini. Dan upaya penyadartahuan akan pentingnya upaya konservasi kepada generasi muda, melalui kegiatan penjelajahan kawasan dan memperkenalkan potensi sumberdaya alam yang terdapat didalamnya merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan dan alam.

Sumber : Balai Taman Nasional Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini