Iseng Memasang Jerat Untuk Biawak, Ternyata Buaya Yang Terjerat

Minggu, 13 Maret 2022

Pekanbaru, 13 Maret 2022 - Resort Dumai Balai Besar KSDA Riau bersama personil Manggala Agni Daops Dumai dan Pecinta Hewan Dumai (Pandu) melakukan evakuasi dan pelepasliaran satwa liar buaya yang sebelumnya diamankan di salah satu rumah warga Kel. Lubuk Gaung, Kec. Sungai Sembilan, Kota Dumai, Kamis (10/3). Buaya muara tersebut memiliki panjang 2,72 m, lebar dada 40 cm dan berjenis kelamin betina.

Sebelum membawa buaya tersebut untuk dievakuasi, Tim menyampaikan sosialisasi kepada warga agar tidak memasang jerat bahkan untuk biawak sekalipun karena dapat berbahaya bagi satwa lainnya dan manusia.

Evakuasi berawal dari salah seorang warga yang berinisiatif menghubungi Call Center Balai Besar KSDA Riau karena pada Rabu (9/3) ybs mengetahui bahwa ada buaya yang terjerat tali nilon di tepian sungai. Warga yang memasang jerat , Alen P. Sitompul dari keterangannya diketahui memasang jerat dengan alasan iseng untuk menangkap biawak dan tanpa sengaja jerat tersebut mengenai buaya.

Dikarenakan di tepian sungai banyak anak-anak bermain dan dapat membahayakan mereka, maka Alen bersama warga yang lain mengangkat buaya dari tepian sungai tersebut. Saat ini buaya tersebut sudah dilepasliarkan di tempat yang jauh dari aktivitas dan pemukiman warga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini