Aksi Saka Wanabhakti TN Matalawa Peduli Lingkungan

Senin, 31 Juli 2017

Waingapu, 31 Juli 2017.  Saka Wanabakti  Taman Nasional Matalawa kwartir cabang (kwarcab) Sumba barat,  binaan SPTN I Waibakul melaksanakan kegiatan Perkemahan sabtu minggu (persami) pada 29 - 30 Juli 2017 bertempat di Bumi Perkemahan Pantai Aili, Desa Konda Maloba Kecamatan Katikutana Selatan Kabupaten Sumba Tengah -  NTT. Kegiatan perkemahan ini merupakan wujud memperkenalkan kawasan TN Matalawa kepada anggota Saka Wanabakti dan juga sebagai bentuk peran serta Saka Wanabakti TN Matalawa dalam mendukung setiap program Kwarcab Pramuka Kabupaten Sumba Barat, dimana dalam pelaksanaan kegaiatan Persami ini dilaksanakan pula agenda pelantikan  Bantara dan peningkatan kapasitas anggota DKC Kabupaten Sumba Barat.

Kegiatan Persami ini diikuti 60 (enam puluh) orang peserta yang tidak hanya berasal dari Saka Wanabakti TN Matalawa, namun  juga berasal dari Saka bhayangkara kwarcab Sumba barat (binaan polres Sumba barat) serta  Pembina Gudep dari masing-masing SMA/SMK di Kab. Sumba Barat. Kegiatan ini juga diikuti Sdr. Suyogia Nur Azis selaku Pembina Saka Wanabakti TN Matalawa Kwarcab Sumba Barat, Saka Wanabakti merupakan salah satu kegiatan bina cinta alam (BCA) yang digagas kementerian lingkungan hidup & kehutanan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat kepada upaya pelestarian alam, yang dikhususkan pada generasi muda dan penggiat konservasi.

Dalam pelaksanaannya cukup banyak yang dilaksanakan pada kegiatan Persami ini mulai dari, materi navigasi diantaranya membuat peta "rute perjalanan selama pengembaraan" menggunakan kompas, busur dan penggaris. Selain itu peserta juga diajari cara membaca peta serta menentukan letak koordinat suatu lokasi menggunakan GPS dan perhitungan pengukuran secara manual. Dan sebagai wujud kepedulian peserta terhadap lingkungan, sebelum acara ditutup secara resmi peserta diajak untuk melakukan aksi bersih pantai, yang dilaksanakan disepanjang garis pantai Aili dan Desa Konda Maloba. Kegiatan perkemahan sabtu minggu (persami) Saka Wanabakti ditutup secara resmi oleh Perwakilan DKC Kwarcab Sumba Barat yang turut hadir pada acara tersebut.

Sumber : Balai Taman Nasional Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

aditya wibowo
kak adakah info tentang hari hari berbagai jenis satwa, seperti hari harimau, hari orang utan, hari gajah dan lain lain, apabila ada saya mohon tolong di kasih dunk kak, rencana mau meng agendakan berbagai jenis hari hari satwa tersebut. http://spacehistories.com/100-desain-rumah-minimalis-hd-terbaru/