Dugaan Kemunculan Harimau Sumatera, BBKSDA Riau Observasi TKP

Selasa, 01 Maret 2022

Pekanbaru, 1 Maret 2022 - Balai Besar KSDA Riau Seksi Konservasi Wil. IV Dumai bersama Manggala Agni Daops Dumai turun ke lokasi di Kel. Mundam, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai terkait laporan masyarakat adanya perjumpaan dengan satwa liar harimau sumatera, Senin (21/2).

Pada lokasi tempat perjumpaan satwa yang diduga harimau sumatera ditemukan jejak tapak satwa yang menyerupai jejak harimau, tetapi berukuran lebih kecil. Tim belum dapat memastikan apakah jejak yang melintas tersebut merupakan jejak Harimau Sumatera. Tim kemudian melakukan sosialisasi kepada Masyarakat setempat diberikan sosialisasi agar tetap berhati hati saat beraktifitas di kebun, tidak sendirian dan untuk sementara tidak memancing dahulu sampai kondisi memungkinkan. Harimau Sumatera adalah satwa yang dilindungi UU dan wajib dilestarikan, oleh karena itu Tim akan melakukan observasi mendalam untuk mengecek kembali keberadaan tanda tanda satwa yang berada di sekitar lokasi tersebut.

Kronologis kejadian berawal dari laporan Arif yang menyampaikan pada 20 Februari 2022, sekitar pukul 17.05 WIB ketika sedang memancing ikan di parit  sekitar kebun nanas dan sawit Sdr. Pardi, tiba - tiba tercium bau tak sedap dan amis, spontan Arif menoleh ke samping kanan dan sangat terkejut, sebab dilihatnya seekor harimau sumatera berada sekitar 3 meter di belakangnya. Dengan sangat ketakutan, Arif langsung membalikkan badannya, dan menurut keterangannya, harimau tersebut berjalan dan bersembunyi dibalik tanaman sawit, dan setelah itu berjalan kembali menuju semak belukar disekitar kebun nanas dan sawit. Kemudian Arif berusaha memanggil orangtua dan adiknya yang juga ikut memancing disekitar tempat tersebut untuk cepat pergi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini