DPKP Kab Indragiri Hilir Serahkan Satwa Hasil Evakuasi ke BBKSDA Riau

Selasa, 01 Maret 2022

Pekanbaru, 1 Maret 2022 - Balai Besar KSDA Riau menerima penyerahan satwa dari Dinas Pemadam Kebakaran (DPKP) Kab. Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (24/2). Satwa yang diserahkan berupa dua ekor buaya muara dengan masing - masing panjang 4,7 m, berat 700 kg dan panjang 1 m, berat 4 kg, 7 ekor ular sawah batik dengan panjang antara 5 hingga 1,5 m. Seluruh satwa tersebut merupakan hasil penyelamatan Tim DPKP Kab. Inhil di wilayah kerjanya.

Setelah dilakukan penyerahan ke Balai Besar KSDA Riau, untuk sementara khusus buaya muara dititipkan di lembaga konservasi Kasang Kulim Pekanbaru sambil menunggu pertimbangan pelepasliaran yang akan dilakukan di habitatnya, yang jauh dari pemukiman penduduk, sehingga tidak menimbulkan konflik baru dengan manusia. Karena salah satu buaya muara sepanjang 4,7 m bahkan  telah menyerang warga pada Jumat, 18 Februari 2022. Syukurlah, warga bernama ibu Nurlela (30 th) yang beralamat di Sungai Lundu, Dusun Tok Maroy, Desa Sungai Piyai, Kec. Kuindra, Kab. Inhil selamat.

Walaupun tangan kirinya robek sepanjang 20 cm akibat digigit buaya saat mengambil air di sungai, namun korban berhasil selamat dengan langsung memukul mulut buaya dan berteriak minta tolong, hingga akhirnya gigitan buaya ditangannya terlepas.

Saat itu, Kepala Desa Sungai Piyai segera meminta bantuan Bupati Inhil untuk menangkap dan mengevakuasi Buaya muara tersebut. Sampai pada Minggu, 20 Februari 2022, Dinas DPKP Kab. Inhil menurunkan Tim TRCnya dan setelah sekitar 2 jam penyisiran, akhirnya buaya muara berhasil ditangkap.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini