Masyarakat Mengembalikan Lahan ke BBKSDA Riau

Minggu, 20 Februari 2022

Pekanbaru, 21 Februari 2022 - Seksi Wilayah III Duri Balai Besar KSDA Riau bersama Polsek Bukit Batu dan Staff Desa Bukit Batu melakukan patroli bersama di kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Bukit Batu, tepatnya di Desa Temiang KM. 2.5, Kec. Bandar Laksmana, Kab. Bengkalis pada Senin hingga Jum'at, 14 s/d 18 Februari 2022.

Dari hasil patroli keseluruhan, warga yang sebelumnya menguasai lahan dalam kawasan SM Bukit Batu telah menandatangani surat pernyataan menyerahkan lahan ke Balai Besar KSDA untuk dihutankan kembali. Banyak masyarakat yang sudah sadar untuk menyerahkan lahan yang masuk dalam kawasan konservasi, sehingga hutan dapat dikembalikan fungsinya sebagaimana seharusnya.

Kepala Seksi Wilayah, MB Hutajulu mengawali patroli bersama di SM Bukit Batu KM. 2,5 Desa Temiang dan menemukan tanaman yang ditanam sekitar 3 bulan berjumlah 180 batang. Tanaman tersebut dimusnahkan dengan cara mencabut dan memotong batangnya serta rambu-rambu peringatan dipasang pada lokasi tersebut. Patroli bergerak ke arah sungai dan ditemukan tanaman sawit sekitar 50 batang yang diperkirakan telah berumur di atas 2 tahun. Sawit tersebut dimusnahkan dengan menggunakan mesin chainsaw dan dilakukan pemasangan rambu-rambu peringatan.

Tim melanjutkan patroli di KM. 4 dekat areal kebun sawit warga dan memusnahkan tanaman sawit menggunakan mesin chainsaw yang masuk ke dalam kawasan SM Bukit Batu sebanyak 50 batang. Di tempat tersebut juga dilakukan penanaman bibit tanaman kehutanan dan pemasangan rambu-rambu kawasan.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini