Memantau Perkembangan KTH Desa Redang dan Desa Rantau Bakung

Minggu, 20 Februari 2022

Pekanbaru, 21 Februari 2022 - Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) Balai Besar KSDA Riau melakukan pengecekan Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Redang dan KTH Desa Rantau Bakung, Kamis (17/2). Kedua KTH tersebut merupakan binaan Balai Besar KSDA Riau bekerjasama dengan BRG (Badan Restorasi Gambut),

Kepala Resort Kerumutan Selatan, Zulkifli memimpin pengecekan dan pembinaan ke lokasi kolam ikan Patin di KTH Desa Redang didampingi Ketua KTH dan Kepala Desa Redang. Hasilnya, kondisi dan perkembangan ikan patin terpantau cukup baik. Ikan  telah mencapai ukuran 10 s/d 15 cm dalam waktu tiga bulan. Jumlah ikan patin yang dibudidayakan sekitar 21.000 ekor yang ditempatkan dalam 4  kolam dan berkembang dengan baik. Untuk menambah nutrisi agar ikan lebih cepat besar Ketua KTH Desa Redang mencoba membudidayakan ulat naghot sebagai pakan tambahan dan untuk pengamanan kolam dilakukan penjagaan siang dan malam secara bergantian oleh anggota kelompok tani. Menurut keterangan Pak Kades Redang, pemanenan akan dilakukan sekitar tiga bulan ke depan sekitar bulan Mei atau Juni 2022.

Pengecekan dan pembinaan kedua dilakukan di KTH Desa Rantau Bakung berupa ternak sapi yang didampingi Ketua KTH, Pasaribu. Peninjauan dilakukan langsung  pada kandang dan kondisi ternak sapi. Hasilnya, kondisi kandang sapi terpantau baik serta kondisi kesehatan 12 ekor sapi cukup baik. Menurut keterangan Pak Pasaribu semua sapi yang ada dalam kondisi baik dan telah dilakukan pengecekan oleh Tim Dokter hewan yang ada di Kab. Indragiri Hulu.

Evaluasi dan monitoring ini bermanfaat dan dapat menambah kesejahteraan anggota kelompok serta tetap terjaganya hutan yang tersisa di sekitarnya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

[Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDARIAU |022022]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini