Seekor Gajah Liar Terobos Jalan Tol Pekanbaru Dumai

Senin, 21 Februari 2022

Pekanbaru, 21 Februari 2022 - Seekor gajah sumatera liar melintas di jalan tol Km. 73 + 250 m pada Senin (14/2) sekitar pukul 06.00 WIB. Laporan diterima pihak Balai Besar KSDA Riau menerima laporan tersebut dari pengelola jalan tol PT. Hutama Karya.

Berdasarkan hasil pengecekan di lokasi, gajah liar yang diketahui bernama Condet tersebut berjalan dari arah Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil tidak melalui terowongan pada km. 72. Terowongan tersebut karena hujan lebat pada malam harinya sehingga aliran air melimpah dan dan menyebabkan gajah codet melintas dengan cara merobohkan pagar bagian atas dan melewatinya untuk menyeberangi jalan tol menuju kawasan SM Balai Raja.

Pantauan terakhir berdasarkan koordinat GPS Collar yang terpasang pada gajah Condet, saat ini gajah tersebut berada di kawasan SM Balai Raja (4 km dari jalan tol).

Hasil koordinasi dengan pengelola jalan tol PT. Hutama Karya, disepakati untuk kedepannya akan ditingkatkan komunikasi antar pihak dalam informasi pergerakan gajah khususnya Condet. Upaya menanam pakan gajah di mulut terowongan (under pass) agar gajah melintas di terowongan tersebut dan pihak PT. Hutama Karya akan menanam jenis jeruk jerukkan di sepanjang pagar sekitar under pass agar gajah tidak melewati pagar tol.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini